background img

TERAPKAN JAM TERTIB PKL PANDAN SARI

6 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan memberlakukan jam tertib untuk mengurangi jumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih marak berjualan sekitar badan jalan di kawasan Pasar Pandan Sari.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, pihaknya berencana akan mulai memberlakukan secara efektif jam tertib PKL mulai Kamis, 13 Februari 2020 ini.

“Kita uji coba jam tertib di Pasar Pandan Sari, agar jalan di depan pasar bisa bersih dari PKL,” kata Zulkifli kepada wartawan.

Kawasan di sekitar Pasar Pandan Sari dipastikan akan bebas dari PKL mulai pukul 07.00 Wita hingga 17.00 Wita.

Pemberlakuan itu untuk mengantisipasi jumlah PKL yang masih marak berjualan dengan menggunakan fasilitas umum di sekitar Pasar Pandan Sari. Tercatat ada sekitar 500 PKL yang berdagang di sekitar Pasar Pandan Sari.

Keberadaan PKL yang masih marak ini banyak menimbulkan protes dari para pedagang yang berjualan di dalam Gedung Bangunan Pasar, karena dinilai menyebabkan omset mereka menurun.

Zulkifli menerangkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke sejumlah PKL beberapa hari sebelum melaksanakan penertiban ini.

Sejumlah perwakilan PKL mengaku siap ditertibkan dengan kompensasi diberikan tempat untuk berjualan di dalam Bangunan Pasar.

“Kami sudah sosialisasi hal ini, sebagian mereka (pedagang) menerima rencana penertiban dan siap untuk direlokasi ke dalam bangunan pasar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan perdana jam tertib ini diawali bakti sosial untuk membersihkan fasilitas umum di sekitar kawasan Pasar Pandan Sari, dengan melibatkan sejumlah perwakilan pedagang dan PKL.

Kegiatan bakti sosial ini juga merupakan rangkaian yang dilaksanakan Satpol PP Kota Balikpapan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Balikpapan ke 123.

“Kita awali penerapan jam tertib ini dengan kegiatan bakti sosial di sekitar pasar, untuk membersihkan fasilitas umum yang ada. Kegiatan ini juga berkaitan dengan peringatan HUT Kota Balikpapan,” terangnya.

Dalam kegiatan bakti sosial ini, pihaknya akan mengerahkan satu unit excavator untuk membersihkan parit yang ada, setelah lapak-lapak PKL yang ada di atasnya dibongkar.

Untuk mendukung rencana penertiban PKL di sekitar kawasan Pasar Pandan Sari, pihaknya mengerahkan beberapa personel untuk ditempatkan di sekitar lokasi penertiban selama jam tertib PKL ini diberlakukan.

“Ini masih uji coba, kita masih kedepankan tindakan persuasif kepada PKL yang tetap berjualan di luar lokasi pasar,” pungkasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *