background img

TEMPAT BACA PUSKOT KURANG

3 years ago written by

Balikpapan – Fasilitas tempat baca ruang terbuka (outdoor) Perpustakaan Kota (Puskot) di jalan Kapten Piere Tendean Balikpapan dinilai masih kurang. Ini dikatakan Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Mieke Henny usai kunjungannya ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Senin sore (10/7). Hal ini pun diakui Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan Heri Misnoto.

Menurut Heri, sekitar 40 persen pengunjung perpustakaan lebih senang membaca di luar ruangan. “Pengunjung kita sekitar 400 sampai 500 orang di hari normal. Dan 40 persen di antaranya senang membaca dan berdiskusi di luar ruangan, itu angka yang besar. Biasanya juga mahasiswa yang ke sini itu memang senang di outdoor. Makanya sering gunakan gazebo. Tapi fasilitas tempat membaca outdoor kita seperti gazebo itu masih kurang,” katanya.

Saat ini Puskot hanya memiliki 5 gazebo. Idealnya, kata Heri, Puskot yang berada di bawah naungan dinas yang dipimpinnya itu setidaknya memiliki 9 gazebo, jika melihat jumlah pengunjung biasanya.

“Tahun depan akan kami ajukan 4 gazebo. Sehingga jadi 9 gazebo. Ya kira-kira satu gazebo seharga Rp250 juta, jadi total Rp1 miliar. Tahun depan itu juga sekaligus kami ajukan pengadaan buku baru sebanyak 15 ribu judul. Sehingga tahun depan buku kita bisa lebih dari 89 ribu buku,” imbuh Heri.

Pihak DPRD Balikpapan akan membahas lebih lanjut dalam hal penganggaran. “Kami akan pikirkan ke depannya. Tentu itu akan menyesuaikan dengan kemampuan keuangan Kota Balikpapan,” kata Mieke Henny. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *