background img

TARRGET PAD DITETAPKAN 693 M

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, target pendapatan asli daerah (PAD) Kota Balikpapan ditetapkan naik menjadi Rp 692 miliar pada tahun 2021 mendatang.

Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid mengatakan, pihaknya telah melakukan pembahasan dengan Pemerintah Kota untuk menaikkan target PAD di tahun 2021.

Ia menjelaskan, target tersebut ditetapkan menyesuaikan realisasi penyerapan Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak dan retribusi daerah yang dilaporkan mencapai 140 persen dari target yang ditetapkan setelah dilakukan refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19.

Pada tahun 2020 ini, target Pendapatan Asli Daerah Kota Balikpapan tahun 2020 diturunkan menjadi Rp 331 miliar, dari target semula yang ditetapkan pada APBD 2020 yakni sebesar Rp750 miliar setelah dilakukan refocusing anggaran.

“Memang di awal 2020 kemarin, kita sempat menetapkan target anggaran itu sebesar Rp 750 miliar, namun setelah dilakukan ketika refocusing kemudian target itu diturunkan. Namun setelah direalisasikan ternyata capaian melebihi target,” ungkapnya, Sabtu (28/11).

Ia berharap perekonomian Kota Balikpapan dapat kembali pulih pada tahun 2021 mendatang, sehingga pemasukan daerah dapat kembali ditingkatkan, untuk menutupi masalah kekurangan anggaran akibat kebijakan pemangkasan dana bagi hasil dari pemerintah pusat.

“Kita menetapkan sebesar Rp 692 miliar itu, untuk mengambil jalan antara pemerintah kota dan DPRD Balikpapan. Kita berharap kondisi ekonomi Kota Balikpapan dapat mendukung untuk mencapai target yang diharapkan pada tahun 2021,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari Rp 692 miliar target PAD yang ditetapkan, sekitar Rp 521 miliar merupakan target pendapatan asli daerah dari sektor pajak daerah.

(MAULANA/KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *