background img

Tarif BPJS Naik Per 1 April 2016

5 years ago written by

Kepala BPJS Balikpapan, Dody Pamungkas memastikan akan memberlakukan peraturan presiden nomor 19 tahun 2016 tentang jaminan kesehatan pada 1 April 2016. Hal tersebut diumumkannya pada konferensi pers yang digelar di kantor BPJS Kesehatan, Jalan Ruhuy Rahayu hari ini Rabu, 16 Maret 2016. Peraturan Presiden (Perpres) nomor 19 tersebut menjelaskan bahwa tarif bulanan BPJS Kesehatan Mandiri atau perorangan akan naik.
Dalam konfrensi pers tersebut dijelaskan rincian tarif yang dinaikkan yakni :
Kelas III : Rp. 25.500 menjadi Rp. 30.000
Kelas II   : Rp. 42.500 menjadi Rp. 51.000
Kelas I    : Rp. 59.000 menjadi Rp. 80.000
Dody, juga mengatakan bahwa tarif tersebut hanya berlaku pada BPJS Mandiri atau perorangan. Hal itu dikarenakan bahwa mereka yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan Mandiri dianggap mampu dan tidak perlu dibantu oleh pemerintah. Sehingga dalam penyesuaian tarif tersebut akan diharapkan peningkatan pelayanan yang maksimal oleh rumah sakit.
Pihak BPJS juga menghimbau kepada masyarakat yang merasa keberatan terkait kenaikan tarif ini untuk mempersilahkan diri datang ke kantor dalam hal melapor. Dan apabila ada masyarakat yang ingin melakukan penurunan grade atau tingkat kelas BPJS yang mereka punya, hal itu dapat dilakukan.
 
(Fredy Janu)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *