background img

TAMBAH 44 POSITIF, WASPADAI CLUSTER LINGKUNGAN

4 days ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan pada Rabu (16/9) bertambah sebanyak 44 kasus baru.

Penambahan kasus tersebut diumumkan oleh juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan, Andi Sri Juliarty, saat penyampaian update terbaru wabah Corona, Rabu (16/9) sore.

“Hari ini ada penambahan 44 yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata wanita yang akrab disapa Dio itu.

Ada pun rinciannya, 10 kasus dengan riwayat seorang suspek Covid-19 dan empat kasus dengan riwayat Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Kemudian 13 kasus dengan riwayat perluasan tracking kasus dan 17 kasus terkonfirmasi positif dengan riwayat perluasan tracking di tempat kerja,” ujarnya.

Selain itu terdapat 35 kasus selesai menjalani masa isolasi dan dua kasus positif Covid-19 dinyatakan meninggal dunia.

Di antaranya, pasien perempuan berusia 57 tahun, meninggal dunia pada pukul 08.50 Wita di RS Siloam. Dan pasien laki-laki berusia 55 tahun, meninggal dunia pada 16 September 2020 pukul 11.07 Wita di RS Bhayangkara.

“Keduanya telah dimakamkan sesuai dengan protokol Covid-19,” ungkapnya.

Dengan penambahan kasus tersebut, jumlah akumulatif kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Balikpapan hingga saat ini mencapai 2.523 kasus.

Rinciannya 326 pasien sedang mendapat perawatan, 481 pasien melakukan isolasi mandiri, sembuh 1.558, dan 158 pasien meninggal dunia.

“Yang dirawat ini sudah sangat melebihi kapasitas rumah sakit,” ucap Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Rizal menambahkan, yang patut diwaspadai juga adalah cluster lingkungan yang sekarang ini sedang berkembang.

“Yang tambahan 44 positif hari juga ada dari cluster lingkungan. Saya mohon masyarakat betul-betul waspada. Terutama di Manggar, karena cluster lingkungan sedang berkembang di RT 20 Manggar. Di sana sudah ada tiga yang meninggal dunia dan hari ini ada enam yang positif,” sebut Rizal.

Sebagian besar yang positif di lingkungan RT 20 Manggar tersebut dengan riwayat status OTG. Rizal pun menyarankan agar sebaiknya isolasi di Embarkasi Haji.

“Supaya lingkungan bisa kita pulihkan agar tidak berkembang lagi penyebarannya. Saya harap ini bisa menjadi perhatian warga,” tandasnya.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *