background img

TAK PERLU TAKUT ADA PERPPU PAJAK

3 years ago written by

Balikpapan – Masyarakat dan pegiat usaha tak perlu takut atau khawatir dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Akses Informasi Keuangan Untuk Perpajakan.

“Perppu untuk akses informasi keuangan ini hanya untuk kepentingan perpajakan. Hanya pejabat tertentu yang bisa mengakses informasi tersebut, yang tentu saja tetap menjaga kerahasiaan dan keamanannya tetap terlindungi,” ujar Rumisih, selaku Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kaltim dan Kaltara.

Rumisih memaparkan hal ini saat Bincang Pajak pada program KK Jessica KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Kamis (22/6). Rumisih didampingi Agus Sugianto, Pelaksana Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Kaltimra.

Ia menjelaskan, Perppu yang ada tersebut untuk mengakomodasi kesepakatan Sistem Pertukaran Informasi Otomatis (Automatic Exchange of Information/ AEOI) yang berkerjasama dengan 139 negara per 17 Januari 2017. Ini salah satu upaya untuk mengurangi penghindaran pajak.

Sebagaimana diketahui, Perppu ini diharapkan akan meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak. “Bagi yang belum melaporkan harta, dapat melaporkannya dalam Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) maupun melakukan pembetulan SPT,” saran Agus Sugianto. (JESSICA/KPFM)

Article Categories:
Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *