background img

TAK ADA DANA, SOSIALISASI PILGUB SEADANYA

4 years ago written by

Balikpapan – Sosialisasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Kaltim guna meningkatkan partisipasi masyarakat atau pemilih di Kota Balikpapan bakal berjalan tak maksimal. Sebab, hingga kini anggaran Pilgub yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim kepada Pemprov Kaltim belum juga disetujui.

Padahal, berdasarkan tahapan yang ditetapkan KPU, sosialisasi ke masyarakat dimulai pada pertengahan bulan Juni 2017.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, walaupun tahapan sosialisasi seharusnya dilakukan pertengahan bulan Juni 2017, namun saat ini pihaknya masih belum berbuat apa-apa, karena terkendala anggaran. “Kita nggak bisa bergerak karena nggak ada dana. Malah bukan tak maksimal lagi, tapi mungkin terhenti sama sekali,” ujarnya saat dikonfirmasi KPFM, Jumat (30/6).

Tak maksimalnya sosialisasi tersebut, lanjut Noor Thoha, akan berimplikasi pada tingkat partisipasi masyarakat pada pemilihan nanti.

“Bukan tidak mungkin akan turun. Belum lagi waktu pemilihan nanti dilaksanakan tak lama setelah Lebaran. Biasanya kan banyak yang masih pulang kampung. Jangankan begitu, sosialisasi maksimal saja belum tentu tingkat partisipasi pemilih meningkat, apalagi jika sosialisasinya tak maksimal,” keluhnya.

Saat ini pihaknya hanya melakukan sosialisasi seadanya yang tak memerlukan anggaran, seperti memaksimalkan Rumah Pintar Pemilu yang baru diresmikan beberapa waktu lalu, dan juga menjadi pembina upacara setiap hari Senin di sekolah-sekolah. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *