background img

TAK ADA ANGGARAN LAGI, JALAN KRB RUSAK PARAH

3 years ago written by

Balikpapan – Titik kerusakan jalan Sungai Wain Km 15 Soekarno Hatta, Karang Joang, arah ke Kebun Raya Balikpapan (KRB) kian parah.

Ruas jalan yang berada di tepi jurang terlihat tinggal separuh akibat longsor, dan hanya bisa dilintasi satu arus.

Saat dikonfirmasi KPFM Rabu (28/6), Lurah Karang Joang Arbainsyah mengatakan, memang benar jalan utama menuju ke KRB terjadi kerusakan parah hingga terlihat longsor. Dikhawatirkan gerusan semakin dalam saat hujan terus menerus mengguyur Balikpapan.

“Sebenarnya jalan RT 33 itu sudah bertahun-tahun rusak tetapi masih aman dilewati. Pada pertengahan Ramadhan lalu di saat sering hujan, tiba-tiba tanahnya amblas dan memakan separuh jalan. Longsornya sudah sekitar satu meter lebih. Kalau hujan lagi kemungkinan akan bertambah parah,” ujarnya.

Sejauh ini, pihak RT dan Kelurahan setempat sudah melaporkan keadaan jalan tersebut kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan sudah ditinjau langsung oleh pihak PU. “Tujuh bulan lalu saat menjabat jadi Lurah saya sudah usulkan ke PU untuk menguruk jalan itu. Ketika jalan itu semakin amblas pihak PU dan dinas terkait langsung meninjau ke lokasi sekaligus untuk memasang rambu-rambu pembatas agar tidak ada korban. Saya sih mintanya dipagari besi, tapi yang kami dapat hanya garis polisi,” katanya.

Arbainsyah mengatakan, menurut keterangan pihak PU, sementara ini belum dapat mengatasi jalan yang longsor itu karena defisit anggaran dan memang tidak disiapkan anggaran lagi untuk itu. Solusi sementara, PU akan mengusulkan kepada Walikota Balikpapan untuk mengalihkan sebagian anggaran bencana alam.

“Di Karang Joang, selain jalan Sungai Wain RT 33 yang longsor itu, ada juga jalan Batu Ratna RT 13 yang rawan longsor juga dan jalan amblas. Di Sungai Wain RT 35 juga ada jalan yang longsor lumayan panjang,” tambahnya.

Arbainsyah berharap jalan longsor itu secepatnya ditanggulangi oleh pemerintah kota sebelum jatuh korban. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *