background img

Tahap Pertama Proyek Pertama Dermaga TNI AL Rampung Mei 2016 Mendatang

5 years ago written by

Proyek Dermaga Pangkalan TNI Angkatan Laut yang berlokasi di kawasan Pantai Melawai, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan kini dalam proses pembangunan tahap pertama. Nanang selaku Side Engineer CV Anugerah Karya Mandiri dan  Konsultan Pengawas Proyek Dermaga menjelaskan bahwa, pembangunan tahap 1 ini ditargetkan dapat rampung dua bulan lagi yakni mei 2016 mendatang.
Untuk dua bulan penyelesaian tersebut pihaknya melakukan reklamasi bibir pantai dengan menggunakan sistem yaitu ada batu untuk landasan, ditimbun kemudian dibongkar, agar lebih padat. Keseluruhan luasan reklamasi ada 1125 meter persegi, sedangkan untuk kedalaman yaitu 10 meter saat surut, dan tambahan tiga meter saat pasang.
Untuk kekuatan beban jalan Dermaga, dipersiapkan berkekuatan 70 ton, hal tersebut sesuai dengan kebutuhan yakni 65 ton sehingga daya kekuatan ditambahkan lima ton. Secara keseluruhan akan ada tiga tahap yang diselesaikan untuk pembagunan dermaga TNI AL tersebut.
Sementara itu untuk tahap dua nantinya  akan diselesaikan main route terlebih dahulu. Lebarnya adalah 434 meter menjorok kelaut dengan panjang delapan meter. Dermaga tersebut memang dipersiapkan mampu menampung kapal KRI hingga kapal selam yang akan bersandar.
 
(Fredy Janu)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *