background img

TA Kaltim Kaltara Baru Terserap Rp 361 Miliar

4 years ago written by

Balikpapan – Kepala Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Kaltim Kaltara Samon Jaya mengatakan, dari 10 ribu Wajib Pajak (WP) berdasarkan ekspektasi saat ini baru sekitar 2.072 WP yang mengikuti Tax Amnesty (TA). Dana yang terserap pada tahap 1 ini baru sebesar Rp 361 miliar, ditambah Rp 297 miliar dari dana repatriasi. Sementara target nasional TA tahap satu sebesar Rp 165 triliun.

Samon Jaya memaparkan hal ini pada Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Novotel Balikpapan, pagi tadi (21/9). Acara garapan Forum Jurnalis Ekonomi Balikpapan (FJEB) bertema Mendongkrak Ekonomi Daerah ini bekerjasama dengan Bank Mandiri.

FGD dihadiri beberapa pelaku usaha, baik dari bidang properti maupun dari kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM) serta Apindo. Hadir juga dari Dispenda, dan Disperindagkop. Ketua panitia FGD Tax Amnesty Feri Cahyanti menyampaikan bahwa alasan FJEB mengangkat topik pembahasan mengenai TA ini adalah ingin berperan dan mensukseskan kebijakan yang dianggap dapat menguntungkan negara. “Tax Amnesty untuk tahap pertama akan berakhir 30 September. Karena itu sosialisasi mengenai TA melalui Dialog Publik ini sangat penting adanya,” kata Feri.

Pada dialog ini membahas tentang bagaimana efektivitas dari TA terhadap pendapatan negara dan kontribusinya dalam mendongkrak perekonomian daerah serta keuntungan yang didapatkan oleh para pelaku usaha. Saat diskusi, banyak masukan yang disampaikan pada DJP Kanwil Kaltim dan Kaltara. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *