background img

SWAB MASSAL SEPI PEMINAT

2 weeks ago written by

SWAB MASSAL SEPI PEMINAT

KPFM BALIKPAPAN – Pelaksanaan swab test massal yang dilaksanakan Pemerintah Kota Balikpapan di halaman Pasar Plaza Rapak Balikpapan sepi peminat.
Sejak pagi, hanya ada beberapa pedagang dan warga sekitar yang terlihat mengikuti kegiatan pemeriksaan.
Banyak para pedagang yang tidak berjualan dan menutup lapaknya, sehingga tidak hadir dalam kegiatan pemeriksaan swab test massal.
Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Alwiyati mengatakan, dalam pelaksanaan pemeriksaan swab test massal ini, pihaknya menyediakan kuota sebanyak 300 orang.
Menurutnya, pelaksanaan swab test massal ini merupakan tindak lanjut terhadap pelaksanaan swab massal pedagang sebelumnya yang juga sepi peminat. Dari 250 pedagang yang ditargetkan hadir hanya sekitar 120 orang saja yang hadir.
“Memang kami dari pemerintah juga mengharapkan kesadaran masyarakat agar lebih proaktif, karena memang kita dari pemerintah ini tidak memungkinkan kejar-kejaran untuk mereka agar melakukan swab. Tidak akan selesai permasalahannya, kami butuh kesadaran dari masyarakat untuk hadir,” katanya ketika diwawancarai wartawan, Kamis (30/7).
Menurutnya, pihaknya telah menyampaikan kepada pedagang di kawasan pasar Plaza Rapak Balikpapan agar bisa berpartisipasi dalam kegiatan pemeriksaan swab test massal.
Pelaksanaan swab test massal ini bukan bertujuan untuk menyulitkan para pedagang dalam melakukan kegiatan jual beli, namun bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada para pedagang dan pembeli dari ancaman potensi penyebaran virus Corona.
“Kami ini melindungi konsumen dan juga pedagangnya. Tujuan kami bukanlah untuk menjatuhkan mereka tapi untuk melindungi dia dan konsumennya,” ujarnya.
Ia menambahkan, pihaknya masih memberikan kesempatan kepada para pedagang atau warga di sekitar Plaza Rapak Balikpapan yang tidak hadir untuk melakukan swab test di Dinas Kesehatan Kota Balikpapan.
“Kalau memang mereka tidak bisa hadir, kami masih bisa memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan swab test di Dinas Kesehatan Kota. Kami buka setiap hari untuk warga hasil tracking secara gratis. Kami tidak pernah menarik biaya,” ujarnya.

(Maulana/KPFM).

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *