background img

SURAT BEBAS NARKOBA TIDAK HARUS DARI BNN

4 years ago written by

Balikpapan – Salah satu persyaratan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2017, adalah Surat Keterangan Bebas Narkoba. Hal ini membuat kantor Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan di jalan Abdi Praja, Sepinggan Baru, dipenuhi pelajar.

Tak pelak kondisi ini memunculkan keluhan baru sejumlah pihak. Karenanya, Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengarahkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muhaimin untuk memohon kebijakan kepada Pemerintah Propinsi Kaltim agar Surat Keterangan Bebas Narkoba dari BNNK Balikpapan untuk sementara bisa diganti dengan Surat Pernyataan Bebas Narkoba yang hanya ditandatangani oleh orang tua siswa yang disertai materai. Penegasan ini dilangsir dalam instagram @pemkot_balikpapan pada Kamis (8/6).

Hal tersebut dibenarkan Muhaimin saat diwawancarai KPFM di kantornya jalan Praja Bakti, Balikpapan Selatan Kamis (8/6) siang.

PicsArt_06-08-05.07.58

Muhaimin mengatakan, dalam PPDB untuk tingkat SMA/SMK tahun ini memang harus mencantumkan Surat Pernyataan Bebas Narkoba. Keputusan awal, surat pernyataan tersebut memang harus dari BNNK Balikpapan, Rumah Sakit, Kantor Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, dan klinik. Tetapi, berhubung waktunya terlalu singkat dan pihak mereka kewalahan, maka atas perintah Walikota untuk sementara Surat Pernyataan Bebas Narkoba diperbolehkan dibuat sendiri dengan ditandatangani orang tua serta dibubuhkan materai.

“Jadi cukup surat pernyataan dari orang tua dengan ditempel materai. Setelah siswa tersebut sudah dipastikan masuk ke sekolah yang dituju, baru kemudian dia melengkapi surat pernyataan dengan melakukan tes urine di tempat-tempat yang saya sebut tadi. Dan alhamdulillah kebijakan tersebut sudah disepakati saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPRD, Disdikbud Balikpapan serta para kepala sekolah SMA/SMK Rabu (7/6) kemarin,” paparnya. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *