background img

SUDAH 45 PERSEN PELAPORAN SPT TAHUNAN

8 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Ada sekitar 130.000 Wajib Pajak (WP) yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Balikpapan Barat, di Sudirman Office Park, jalan Jenderal Sudirman No. 889. Sudah 45 persen yang melakukan pelaporan SPT Tahunan. Jumlah ini penggabungan dari WP Orang Pribadi dan Badan.

“Banyak Wajib Pajak yang lupa eFIN dan pasword. Untuk yang pertamakali melakukan aktivasi, eFIN bisa didapat dengan datang ke KPP Pratama. Mengisi formulir dengan membawa KTP dan NPWP. Selanjutnya akun Wajib Pajak sudah aktif dan sudah bisa melakukan e-filing secara online,” kata Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Balikpapan Barat, Erwan Apriyanto, samat talkshow Bincang Pajak di radio KPFM 95.4 MhZz Balikpapan, Rabu (13/3). Erwan didampingi Pelaksana Seksi Pelayanan, Fitya Ainiqolbi dan Nur Iksan.

Erwan menjelaskan, Wajib Pajak bisa melakukan pelaporan SPT Tahunan menggunakan e-filing dengan login pada laman djponline.pajak.go.id. Kemudian masukkan NPWP, pasword dan kode keamanan.

“Bila lupa password, silahkan masukkan eFIN, maka link untuk perubahan password akan dikirim melalui email yang terdaftar. Setelah login, selanjutnya klik e-filing dan klik buat SPT,” ujarnya.

Setelah itu, lanjutnya, akan ada pertanyaan yang mengarahkan Wajib Pajak untuk memilih formulir SPT yang sesuai dengan profil. 1770S untuk yang memiliki penghasilan di atas Rp 60 juta, dan 1770SS untuk yang memiliki penghasilan di bawah Rp 60 juta.

Menurutnya, selama ini tidak ada kendala pada saat memandu Wajib Pajak yang akan melakukan SPT Tahunan. “Kami mengarahkan untuk semua WP melakukan laporan menggunakan e-filing. Dari pada harus jauh-jauh datang dan antre lama untuk melakukan pelaporan,” ujarnya.

Erwan menyebut pihaknya juga memberikan kelas pajak, reguler seminggu sekali. Untuk yang berminat, bisa DM melalui Instagram @kpppratamabalikpapanbarat. “Kami juga bekerja sama dengan beberapa instansi yang akan melakukan laporan SPT Tahunan secara bersamaan,” tambahnya.

Ia menyarankan, segeralah melaporkan SPT Tahunan. Lebih awal lebih nyaman. “Semua layanan kami bebas zona korupsi dan gratis. Dukung kami untuk mewujudkan cita-cita ini. Bila ada pungutan segera laporkan ke kring pajak di 1500200,” imbuhnya.(JESSICA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *