background img

SUBSIDI SISWA KE SEKOLAH SWASTA DITIADAKAN

1 week ago written by

 

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan terpaksa menghentikan program pemberian subsidi bagi siswa yang mendaftar ke sekolah swasta pada proses penerimaan siswa baru tahun 2020 ini.

Hal ini diakibatkan oleh kondisi keuangan daerah yang sudah tidak memungkinkan untuk membiayai pemberian subsidi kepada siswa yang mendaftar ke sekolah swasta, karena sebagian anggaran sudah dilakukan refocusing untuk membiayai program percepatan penanganan pandemi Covid-19.

“Berat untuk kondisi keuangan kita yang seperti ini, ya tapi nanti kita cek lah,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi ketika diwawancarai wartawan, Kamis (26/6).

Diketahui sebelumnya pada tahun 2017 lalu, Pemerintah Kota Balikpapan telah memberikan subsidi kepada sekolah swasta. Subsidi tersebut ditujukan untuk meringankan beban pengeluaran orangtua siswa dalam menyekolahkan anak-anaknya.

Namun di tahun 2019, subsidi sekolah swasta tersebut dihentikan lantaran kondisi keuangan Kota Balikpapan mengalami defisit anggaran. Dan program pemberian subsidi itu akan dilanjutkan pada tahun 2020 ini.
Berdasarkan catatan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, kuota yang tersedia di sekolah negeri di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) hanya mampu menampung sekitar 62 persen dari kebutuhan masyarakat.

“Ya memang kemarin ada, tapi mau bagaimana lagi situasi kita seperti ini,” tambahnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *