background img

STOP KEKERASAN ANAK DI SEKOLAH

4 years ago written by

Balikpapan – Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM menyelenggarakan kegiatan Penguatan HAM bagi Pelajar SMA/SMK/MA se-Kota Balikpapan yang diikuti 30 pelajar di Hotel Grand Tiga Mustika, Kamis (10/16).

Acara ini merupakan bentuk amanah UUD 1945 pasal 281 ayat (4) yang berbunyi: Perlindungan, pemajuan, penegakkan dan pemenuhann Hak Asasi Manusia adalah tanggung jawab negara, terutama pemerintah, dan juga merupakan implementasi Undang Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Peraturan Presiden  Nomor 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM).

Kasubdit Diseminasi dan Penguatan HAM Wilayah 3 Direktorat Jenderal HAM Asep Roslan menuturkan, kegiatan semacam ini patut dibudayakan untuk memberikan pemahaman yang tepat tentang Hak Asasi Manusia, karena di era sekarang ini pemahaman dan implementasi HAM masih banyak yang belum sama persepsinya. Sebagian besar masyarakat hanya mengingat haknya, namun lupa akan kewajiban untuk patuh dan taat pada hukum tertulis maupun tidak tertulis. “Peran serta pelajar sudah saatnya diberikan ruang yang luas untuk menyuarakan pendapat dan kreativitasnya, memberikan pemahaman mengenai nilai-nilai Hak Asasi Manusia. Mengapa demikian? Karena akhir-akhir ini kita disibukkan dengan permasalahan yang melibatkan anak, dan tak jarang usianya masih duduk di SMA/SMK/MA,” ujarnya saat memberikan materi Hak Asasi Manusia di hadapan peserta.

Menurutnya, permasalahan di sekolah tersebut di antaranya kekerasan, narkoba, bullying baik fisik, verbal maupun psikis hendaknya dapat diminimalisir. Begitu pula pelanggaran di luar sekolah yang menjerumus dalam tindak pidana harus di hentikan. “Hal ini sudah barang tentu menjadi tugas kita semua, khususnya di kalangan pelajar sendiri,” katanya.

Oleh karenanya, lanjut Asep, Direktorat Jenderal HAM fokus untuk menambah jumlah binaan komunitas yang bergerak aktif dalam sosialisasi Hak Asasi Manusia. Komunitas yang melibatkan pelajar yang terdiri dari siswa SMA/SMK/MA yang tersebar di seluruh Indonesia. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *