background img

SPIRITUAL, CARA SEHAT RASULULLAH

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Menjaga kesehatan merupakan kewajiban semua orang agar bisa tetap beraktivitas dengan lancar. Jika kesehatan mulai terganggu, obat-obatan medis menjadi solusinya. Namun tidak selalu demikian bagi Nabi Muhammad SAW. Rasulullah ternyata tidak ketergantungan dengan obat saat kesehatannya kurang baik.

Dalam program Sajadah (Sajian Amal Ibadah) radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan edisi siar Jumat (18/10), yang dipersembahkan Dompet Dhuafa Kaltim, membahas tentang Jurus Sehat ala Rasulullah.

Ustadz Khusnul Afif menyampaikan, bahwa spiritual merupakan hal utama agar tubuh tetap sehat. Ada lima hal yang perlu diperhatikan.  “Jika merasakan gangguan pada kesehatan, kita wajib bertaubat, istigfar serta membaca Al-Quran untuk meruqiyah diri sendiri. Jika ketiganya sudah dilakukan tapi masih belum merasa sehat, maka bersedekahlah,” ujar ustadz yang juga membuka praktik kesehatan herbal.

Dikatakannya, selain mendekatkan diri kepada Allah, psikis juga menjadi hal kedua yang bisa diperhatikan saat terjadi gangguan kesehatan. Dalam dunia medis disebut dengan psikosomatis, merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit serta masalah pada fungsi tubuh. Walaupun tidak ditemukan kelainan saat dilakukan pemeriksaan medis.

“Pikiran yang harus diolah agar tidak menimbulkan psikosomatis. Karena sebesar 25 persen sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan kita, jika tidak bisa mengolah cara berpikir,” ucap Khusnul Afif.

Hal berikutnya, lanjutnya, adalah sosial serta komunikasi. Ini harus beriringan. Karena jika tidak, akan menemukan keganjilan dalam kejiwaan seseorang. Manusia merupakan mahluk sosial yang saling membutuhkan.

“Komunikasi dengan lingkungan sekitar merupakan cara agar kita bisa berbagi apa yang sedang dialami, supaya tidak dipendam sendiri. Karena akan menjadi penyakit dalam tubuh. Sedangkan yang terakhir adalah fisikal,” paparnya.

Pada penyampaian tausiah singkat itu, Khusnul juga menjelaskan bila Dompet Dhuafa Kaltim menyediakan fasilitas kesehatan, yaitu Rumah Sehat Terpadu Balikpapan. Di sini menyediakan beragam kegiatan penyembuhan seperti bekam hingga ruqiah. (SESIL/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *