background img

SOLUSI GRAND CITY PECAHKAN PERSOALAN MACET

4 years ago written by

Balikpapan – Berangkat dari sukses membuka akses jalan yang membelah kawasan Balikpapan Tengah dan Selatan lewat jalur utama perumahan Balikpapan Baru, pengembang terkemuka PT Sinarmas Land kembali membuat terobosan. Kali ini membangun akses jalan perumahan Grand City Balikpapan, yang kelak membantu memecah persoalan kemacetan arus lalu lintas di Km 5 jalan Soekarno Hatta.

Jalan itu akan dibuat dari depan pintu gerbang Grand City, jalan MT Haryono hingga tembus ke jalan Soekarno Hatta Km 7. Setidaknya akan menjadi jalur alternatif mengurai kemacetan yang selama ini belum ada solisinya. Residential Division Head Grand City Erwin Anggianto membenarkan bila keberadaan megaproyek Grand City turut memberikan dampak sosial bagi masyarakat Balikpapan. “Panjang jalan tersebut sekitar 4 kilometer dan akan menghubungkan pintu gerbang Grand City yang berada di jalan MT Haryono dengan jalan Soekarno Hatta Km 7. Kedepannya akan di perpanjang hingga jalan Soekarno Hatta Km 8,” ujar Erwin saat acara Media Relation Gathering di Hotel Le Grandeur, Kamis malam (17/11).

Jalan tersebut dirancang dengan lebar 32 meter. Memiliki 2 jalur dengan 3 lajur pada masing masing jalur. Jalan itu nantinya bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat yang menggunakan kendaraan ringan. Namun, bukan untuk kendaraan bermuatan besar.  Jika jalan tersebut beroperasi, maka diprediksi kemacetan yang sering terjadi di persimpangan jalan Soekarno Hatta Km 4.5 dan Km 5 akan berkurang. Saat ini, pembangunan jalan tersebut telah berjalan 50 persen dan ditargetkan akan rampung dan beroperasi tahun depan.  “Tak hanya masyarakat yang memberikan dukungan, Pemkot juga turut memberikan dukungan hingga memberikan apresiasi. Kami menargetkan selesai tahun depan, dan jika beroperasi maka itu akan berkontribusi mengurangi kemacetan di Kilometer 4.5 dan Kilometer lima,” ujar Erwin. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *