background img

SKK MIGAS LATIHAN TANGGULANGI TUMPAHAN MINYAK

2 months ago written by

SKK MIGAS LATIHAN TANGGULANGI TUMPAHAN MINYAK

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) areal Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul) menggelar simulasi dan latihan gabungan penanggulangan tumpahan minyak, di perairan Selat Makassar.

Latihan gabungan ini melibatkan sejumlah pemangku kepentingan, di antaranya SRT, CRT, TNI AL, KPLP, Hubla dan KSOP. Kegiatan diawali dengan penandatanganan Prosedur Tetap (Protap) di Novotel Balikpapan, Rabu (27/11).

Sementara untuk simulasi pelatihan gabungan penanggulangan tumpahan minyak akan digelar di perairan Selat Makasar pada, Kamis (28/11). Dengan melibatkan tiga unit armada.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiranto menuturkan, pembuatan prosedur tetap merupakan implementasi pemenuhan kewajiban dalam penataan regulasi terkait kesiapsiagaan tumpahan minyak.

Meliputi ketersediaan close order yang update, jumlah personel yang kompeten dan ketersediaan peralatan yang memadai.

“Jadi kegiatan pelatihan gabungan ini diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman prosedur tetap dengan stakeholder terkait yang digelar hari ini. Dan Kamis besok baru digelar latihan gabungan di perairan Selat Makassar,” kata Deputi Operasi SKK Migas, Julius Wiranto, kepada awak media, Rabu (27/11).

Adapun skenario simulasi latihan tumpahan minyak ini, nantinya dihadapkan dengan keadaan yang sesungguhnya atau real exercise simulation.

Sehingga semua pihak yang terkait dapat menjalankan langkah-langkah yang diperlukan dalam simulasi latihan tumpahan minyak sesuai dengan protapnya.

“Hal pertama yang paling diperhatikan adalah Safety First atau keselamatan. Harus diperhatikan, jangan ada yang tidak menaati dan jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujar Julius.

Ia menambahkan, untuk menguji tingkat kesiapsiagaan, semua harus dikoordinasikan lebih lanjut. Serta membutuhkan dukungan penuh dari instansi-instansi terkait.

“Pertama dukungan dari Angkatan Laut yang menguasai lautan. Kemudian teman-teman KSOP baik di Pelabuhan dan juga Bandara,” ungkapnya.

Ia pun berharap, kegiatan simulasi latihan gabungan penanggulangan tumpahan minyak ini berjalan dengan lancar. Ia juga memastikan jika Industri Migas siap bekerja sama dengan KKKS Kalimantan dan Sulawesi dalam penanggulangannya.

“Semoga acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Saya ucapkan terimakasih dengan adanya kegiatan ini,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *