background img

SIREGAR KIRIM TIM IT KE KPU

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Bakal calon independen Letkol Caj Solehuddin Siregar yang berpasangan dengan Muhammad resmi mengirimkan tim IT sebagai persyaratan dalam proses pendaftaran calon perseorangan di Pilkada Kota Balikpapan.

Sulianto Lubis selaku tim suksesi bakal calon independen Letkol Caj Solehuddin Siregar – Muhammad, mengatakan bakal calon pasangan yang diusungnya telah memenuhi target syarat minimal dukungan yang disyaratkan oleh KPU Kota Balikpapan.

“Kesiapan jumlah dukungan kami sudah mencapai 100 persen dari syarat minimal dukungan yang disyaratkan dalam proses pencalonan independen, bahkan bisa melebihi karena ini masih berjalan,” kata Lubis ketika diwawancarai wartawan di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Kamis (13/2).

Berdasarkan hasil rapat pleno yang ditetapkan KPU Kota Balikpapan syarat dukungan minimal calon independen pada Pilkada Kota Balikpapan 2020 yakni 39.450, yang dibuktikan fotokopi e KTP.

Data pendukung tersebut harus diinput dalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang disediakan KPU. Untuk itu, bakal calon independen diwajibkan menyiapkan tim IT yang diberikan mandat untuk memperoleh username dan password di aplikasi Silon.

Sesuai dengan tahapan Pilkada Kota Balikpapan 2020, setelah menyelesaikan proses input dalam aplikasi Silon, bakal calon independen wajib menyerahkan bukti dukungan secara fisik yang dilampiri surat pernyataan dukungan dari masing-masing pemilih. Penyerahan bukti dukungan tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada 18 hingga 23 Februari 2020 atau hanya sekitar 5 hari, untuk diverifikasi oleh tim yang bentuk oleh KPU Kota Balikpapan.

Lubis mengaku optimis proses input data pendukung dalam sistem Silon akan selesai sesuai dengan batas waktu yang tersisa. “Saya tidak bisa menyebutkan berapa tim IT yang disiapkan untuk melakukan proses input ini, yang jelas kami akan kerahkan sesuai dengan kebutuhan untuk memenuhi batas waktu yang tersisa,” ujarnya.

Meksi sudah mencapai target minimal dukungan yang disyaratkan, Lubis menerangkan bahwa hingga saat ini tim pendukung yang siapkan masih terus bergerak untuk mengumpulkan dukungan dari masyarakat.

“Kami juga akan siapkan back up, paling tidak sekitar 15 persen untuk menambahkan daftar bukti dukungan yang diserahkan,” ujarnya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Mega Fariany Ferry menjelaskan, bahwa hingga saat ini sudah dua bakal pasangan calon yang sudah mengirimkan tim IT ke KPU Kota Balikpapan.

“Kami berharap sebelum tahapan penyerahan bukti dukungan, para bakal calon sudah menyelesaikan proses input di aplikasi Silon, untuk mempermudah proses verifikasinya,” terangnya.

Ia menjelaskan proses verifikasi dukungan yang diserahkan akan dilaksanakan oleh KPU Kota Balikpapan hingga tanggal 26 Februari 2020, untuk diperiksa kelengkapan bukti dukungannya sebelum dilakukan proses verifikasi faktual secara langsung kepada masing-masing data pendukung yang dilampirkan. (MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *