background img

SELEKSI ANGGOTA KPU-BAWASLU ASAL KALTIM DAN KALTARA

4 years ago written by

Balikpapan – Tim Seleksi Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI periode 2017-2022 melakukan sosialisasi di Aula Kantor Walikota Balikpapan, Rabu (12/10) pukul 10.00 Wita. Acara ini diikuti beberapa organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan KPU se-Kaltim dan Kaltara. Sosialisasi ini membuka peluang masyarakat dua provinsi tersebut untuk duduk menjadi anggota penyelenggara pemilu.

Tim seleksi sengaja memilih Balikpapan sebagai representasi dari Kaltim dan Kaltara. Karena, sejauh ini komposisi anggota KPU Pusat dan Bawaslu RI didominasi dari Jawa dan Sumatera. Ketua Tim Seleksi Anggota KPU dan Bawaslu RI Saldi Isra mengatakan, sosialisasi diadakan di enam daerah. Empat di antaranya berada di luar Jawa dan Sumatera, yaitu Balikpapan, Manado, Jayapura dan NTT.  “Hal ini dilakukan agar para calon anggota yang akan mendaftar sebagai anggota KPU dan Bawaslu RI tak hanya mayoritas berasal dari daerah Jawa dan Sumatera,” ujarnya.

Saldi mengatakan, jumlah KPU RI hanya 7 orang. Namun tim akan menyeleksi seluruh calon anggota yang mendaftar, hingga tersisa 14 orang. Selanjutnya akan disaring lagi oleh Komisi II DPR RI.  Begitu pula seleksi anggota Bawaslu RI. Tim akan menyeleksi hingga tersisa 10 orang, dan selanjutnya dipilih oleh Komisi II DPR RI hingga menjadi 5 orang.

Pendaftaran calon anggota KPU dan Bawaslu RI sampai 3 November 2016. Kemudian dilanjutkan dengan masa penelitian administrasi dari tanggal 15 November sampai 22 November 2016. Untuk pengumuman Hasil Penelitian Administrasi dilaksanakan 25 November 2016. Setelah itu, proses seleksi dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, dinamika kelompok, tes wawancara. Penyampaian hasil seleksi tersebut ke Presiden tanggal 30 Januari 2017. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *