background img

SEKOLAH BALIKPAPAN MULAI TERAPKAN SKS

4 years ago written by

Balikpapan – Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Permendikbud) No 158 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester Pada Pendidikan Dasar dan Menengah, perlahan mulai diterapkan di Balikpapan.

Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) yang ditujukan untuk SMP sederajat dan SMA/SMK sederajat ini merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya menentukan jumlah beban belajar. Mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajar.

Salah satu sekolah di Balikpapan yang mulai menerapkan Permendikbud ini adalah SMA N 1 Balikpapan. Kepala Sekolah SMA N 1 Balikpapan Imam Suja’i mengatakan, pihaknya mulai menerapkan sistem pendidikan tersebut pada tahun ini (2016-2017).

Menurutnya, sistem pembelajaran seperti ini sama dengan sistem yang diterapkan pada perkuliahan. “Jika memakai sistem SKS, maka nilai atau Indeks Prestasi (IP) di semester sebelumnya akan mempengaruhi banyaknya pengambilan jam pelajaran di semester berikutnya,” ujar Imam.

Dijelaskan, bagi peserta didik SMA jika IP seorang siswa kurang dari 2.67, maka yang bersangkutan dapat mengambil beban belajar paling banyak 46 jam pelajaran. Jika IP peserta didik berada di antara 2.67-3.33, maka ia dapat mengambil  beban belajar paling banyak 54 jam pelajaran, dan bila IP berada di antara 3.34-3.66, peserta didik dapat mengambil beban belajar paling banyak 62 jam. Kemudian, jika IP perserta didik lebih dari 3.66, maka yang bersangkutan dapat mengambil beban belajar paling banyak 70 jam pelajaran.

Imam menyebutkan, dengan adanya sistem belajar seperti ini, maka seorang siswa bisa menyelesaikan masa belajarnya di SMA hanya 2 tahun. Bisa juga lebih dari 3 tahun atau masa standar.  Salah satu siswa kelas 10 IPA SMA N 1Balikpapan, Oksa (16) mengaku senang dengan adanya sistem ini, karena dirinya bisa memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat serta kemampuan belajarnya. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *