background img

SEHAT PRODUKTIF TANPA NARKOBA

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Hasil survey penggunaan narkotika di Kaltim kini turun drastis. Secara nasional berada di peringkat dua puluh, dari tahun-tahun sebelumnya pada peringkat kedua dan ketiga. Ini berkat kerjasama dari masyarakat dan para stakeholder lainnya yang bersama-sama menekan angka prevalensi.

“Dari hasil survey satu tahun terakhir dari sepuluh ribu penduduk Indonesia sekitar 1,8 persen dari kelompok usia 15 hingga 64 tahun menggunakan narkoba. Sementara hasil survey di Kaltim di tahun-tahun sebelumnya kita selalu ada di posisi dua dan tiga.

Namun yang menarik belakangan kita justru turun drastis ke peringkat dua puluh,” kata Humas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan Alfin Agung Nugroho saat bincang di program Sarapan Pagi radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Rabu (1/7). Alfin didampingi Jefpri Remsi Malino sebagi Duta Anti Narkoba Balikpapan Tahun 2019.

Perbincangan dengan dua narasumber yang dipandu Sherly Keiza dan Elin ini berkaitan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020 tanggal 26 Juni. Peringatan ini mengangkat Tema Hidup Seratus Persen Sadar, Sehat, Produktif, Bahagia Tanpa Narkoba.

Alfin mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini peringatan HANI sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana tahun ini dilaksanakan secara virtual.

Ada pun tema HANI tahun ini merupakan sebuah perubahan citra BNN secara kelembagaan, sebagai garda utama pencegahan dari yang terkesan otoritatif menjadi aspiratif. Dari yang terkesan kaku menjadi fleksibel. Selama ini banyak sekali pelarangan menggunakan narkoba, tapi justru masih ada masyarakat yang masih menyalahgunakan.

“Nah dengan tema ini kami berharap bisa menjadi pilihan bagi mereka untuk menikmati hidup tanpa narkoba. Seratus persen itu kan sepenuhnya, jadi hidup seratus persen dengan sadar. Menikmati hidup kita dengan selalu mawas diri. Kita bisa menikmati hidup dengan pola yang sehat, baik mengonsumsi makanan, kebugaran fisik, termasuk juga sehat secara mental dan produktif, serta berharap bisa hidup bahagia,“ jelas Alfin.

Disebutkan, kegiatan HANI di Balikpapan selain nonton bersama secara virtual, BNN Kota Balikpapan yang memiliki unit penyuluhan juga menyasar tempat-tempat strategis. Mengedukasi tentang bahaya narkoba, kemudian webinar tentang pencegahan narkoba.

Yang menarik, saat ini BNN Kota Balikpapan menggelar Lomba Konten Kreatif yang bisa diikuti oleh siapa saja dan lokasinya dimana saja. Syarat dan ketentuannya bisa dilihat di Instagram @infobnn_kota_balikpapan.

Pada kesempatan spesial talkshow ini Duta Anti Narkoba Jefpri Remsi Malino mengajak kaum milenials di Balikpapan untuk menjauhi narkoba dan mengisi waktu luang di rumah dengan kegiatan yang positif.Sherly/Kpfm

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *