background img

SEDEKAH TAK KURANGI HARTA

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Secara hitungan matematis dan ekonomi, tentunya pengeluaran akan mengurangi harta. Namun hal ini tidak berlaku untuk sedekah. Bersedekah itu tidak akan mengurangi harta.

“Bagaimana mungkin uang yang disedekahkan untuk orang lain, bukannya mengurangi, tapi malah bisa menambah harta kita?” kata ustadz Didin Hasiruddin, S.Th.I pada tausiah singkat di program Sajadah (Sajian Amal Ibadah) radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Jumat (24/01). Siaran ini bekerjasama dengan Dompet Dhuafa.

Didin Hasiruddin menyampaikan, setiap pagi dan sore ada dua golongan malaikat yang tugasnya mendoakan seseorang.

Bila orang tersebut melakukan kebaikan dalam bentuk sedekah, maka Malaikat Rahmah berdoa, ‘’Ya Allah tambah dan lipatgandakan harta orang tersebut.’’ Dan bila sebaliknya yang dilakukan, “Yaa Allah, punah dan habiskan harta orang yang pelit”.

Disampaikan Didin, waktu terbaik untuk laki-laki bersedakah atau berinfak adalah saat salat subuh berjamaah di masjid. Sedangkan untuk keluarga yang di rumah, bisa membuat celengan yang ditaruh di meja makan atau ruang keluarga, sehingga pagi hari bisa memasukkannya. Para ibu yang pagi sekali sudah pergi kepasar, juga bisa bersedekah dengan penjual sayuran. “Biasanya para penjual kalau pagi belum ada kembalian. Nah kembaliannya ini bisa disedekahkan saja,” ujar Didin memberikan contoh.

Ada beberpa hal yang bisa membatalkan pahala, yang pertama niat. Saat melakukan kebaikan, kemudian diposting supaya orang lain termotivasi, masih mendapatkan pahala. Namun bila posting di social media untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain, ini yang membuat pahala sia-sia.

Menurutnya, yang membatalkan pahala bersedekah lainnya adalah dengan menceritakan amalannya. Seperti contohnya saat memberikan bantuan ke masjid, biasanya akan dibacakan mendapatkan bantuan dari siapa saja. “Kita bisa mulai mengubahnya dengan memberi nama Abdur Rohman, artinya pun sama. Yakni Hamba Allah,” ujarnya.

Bersedekah, lanjutnya, tidak hanya dengan harta. Dengan ilmu kita juga bisa bersedekah. Namun yang memiliki harta, alangkah lebih baik jika bersedekah. Harta dengan segala bentuk dan jenisnya sesungguhnya adalah milik Allah.

“Infak yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah diumpamakan seperti sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir berisi seratus biji. Akan dilipatgandakan ganjarannya,” kata ustadz Didin Hasiruddin.

Bila kesulitan untuk menyalurkan sedekah, bisa melalui lembaga-lembaga yang siap untuk menyalurkannya, seperti Dompet Dhuafa. Datang langsung atau transfer ke rekening Dompet Dhuafa bank Mandiri 149 000 426 3895 atau Syariah Mandiri 700 389 3938. (JESSICA/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *