background img

SATPOL PP BANTAH BAKAR KIOS MANGGAR

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan membatah jika penertiban kios pedagang di kawasan Pantai Manggar Segara Sari, Balikpapan Timur (Baltim) disebut sebagai pembakaran.

Kepala Satpol PP Balikpapan Zulkifli menyampaikan itu saat diwawancarai KPFM di Kantor Wali Kota Balikpapan, Kamis (8/8) siang. Menurutnya, Satpol PP sesuai dengan tugasnya melakukan penertiban. Untuk penertiban di Pantai Manggar, pihaknya secara khusus diminta, atau memang dibutuhkan oleh UPTD Pantai Manggar.

“Satpol PP memang sesuai dengan tugasnya melakukan penertiban. Nah, untuk penertiban kios pedagang di Pantai Manggar ini secara khusus diminta, atau memang dibutuhkan oleh UPTD Pantai Manggar,” kata Zulkifli.

Ia menjelaskan, kios yang ditertibkan adalah bangunan yang berjualan tidak pada tempatnya. Artinya, para pedagang ini melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

“Sebagian anggota membakar rongsokan dari sisa penertiban itu. Karena saat itu mobil belum siap untuk mengangkut ke TPA. Membakar loh ya, bukan dibakar. Kalau dibakar itu setiap kios kita bakar,” tegasnya.

Sebelumnya, lanjut Zulkifli, pihak UPTD sudah melakukan peringatan. Dengan demikian tindakan yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur.

“Teman-teman yang ada di UPTD ini sudah lama menegur dan memberikan peringatan. Karena meja jualan sudah tidak sesuai dengan kesepakatan. Satu meja seharusnya hanya satu payung, tapi kejadian di lapangan itu justru bertambah,” ucapnya.

Di Lokasi itu, lanjut Zulkifli, sebenarnya mau ditata ulang. Karena itu memang tanah pemerintah. Dan Pemerintah juga wajib menatanya agar terlihat bagus dan rapih.

“Mau ditata ulang. Nanti kios-kios itu seragam. Biar rapih. Itu kan tanah milik pemerintah. Makanya akan kita tata ulang. Harapan kami kepada masyarakat agar ikut aturan dan arahan dari UPTD,” tandasnya.

Sebelum ini diberitakan, sejumlah pedagang pantai Manggar mendatangi Gedung DPRD Balikpapan, Kamis (8/8). Mereka mengadukan peristiwa pembakaran kios pedagang, Rabu (7/8). Pembakaran ditengarai dilakukan oleh Satpol PP Balikpapan.

Mengatasnamakan kordinator warga, Agus Laksito mengatakan, saat pembakaran para pedagang tidak berada di lokasi. Pasalnya, mereka hanya berjualan di akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Penertiban juga tak ada pemberitahuan sebelumnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *