background img

SAMS SEPINGGAN SIAPKAN 405 EXTRA FLIGHT

3 years ago written by

Balikpapan – PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan sudah mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1438 H.

Tidak hanya siaga pada pelayanan, tetapi juga untuk penambahan rute penerbangan. Sedikitnya sudah ada pengajuan 405 extra flight dari maskapai penerbangan.

General Manager Angkasa Pura (AP) I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Pujiono mengatakan, untuk persiapan menyambut Lebaran mendatang, Bandara SAMS Sepinggan sudah mempersiapkan diri jauh hari sebelumnya, mengantisipasi arus mudik dan arus balik yang memang selalu meningkat setiap tahunnya.

“Persiapan sudah direncanakan jauh hari sebelumnya, bahkan sudah menghadiri rapat dengan Dinas Perhubungan tentang kesiapan ini. Yang pasti, walaupun ini rutin, persiapan yang kami lakukan tidak ala kadarnya,” ujarnya saat diwawancarai KPFM, baru-baru ini.

Untuk jumlah extra flight, lanjut Pujiono, memang belum fix. Yang jelas, sejak menerima pengajuan dari maskapai penerbangan sudah tercatat ada 405 extra flight. “Setiap hari kami ada 92 flight. Sedangkan extra flight itu baru sebatas pengajuan. Kami akan melihat situasi dan kondisi yang ada untuk menerbangkannya,” katanya.

Menurut Pujiono, berdasarkan data tahun lalu extra flight sekitar 200 penerbanganan. Sedangkan jumlah penumpang dari H-2 hingga H+7 (pulang-pergi) bisa mencapai 25 ribu orang per hari, ini khusus yang fix season.

“Tahun ini prediksinya meningkat,” tukasnya.

Selain extra flight, pihak AP I juga sudah mempersiapkan fasilitas dengan kondisi yang dijamin berfungsi dengan baik. Yang tidak kalah penting adalah persiapan prosedur untuk menghadapi fix season. “Posko Lebaran akan dibuka pada H-15. Untuk fasilitas dan pelayanan lain, terutama pada emergency sudah kami siapkan juga. Kami tetap mendapat dukungan tambahan dari stakeholder yang ada, seperti dari Kepolisian, TNI, termasuk dari Basarnas dan lain-lain,” tambah Pujiono. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *