background img

SAMS SEPINGGAN BUKA RUTE LANGSUNG MADINAH

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Ada kabar baik bagi masyarakat yang berencana menunaikan ibadah umrah. Kini Bandar Udara Internasional (SAMS) Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan menambah rute penerbangan umroh menuju Madinah, langsung dengan menggunakan pesawat Airbus A330-300 Maskapai Lion Air.

Rute penerbangan baru ini sudah mulai dibuka, Sabtu 28 September 2019. Dalam penerbangan pertamanya, maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 116 registrasi PK-LEJ memberangkatkan 436 orang Jamaah Umroh yang tergabung dalam sejumlah agent travel di Kalimantan Timur.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Farid Indra Nugraha mengatakan, pembukaan rute baru penerbangan umroh langsung menuju Madinah dengan menggunakan maskapai Lion Air makin memberikan kemudahan kepada Jamaah Umroh, untuk melakukan penerbangan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

“Sehingga tidak perlu lagi transit di beberapa daerah. Penumpang juga tidak perlu berganti pesawat dan menjalani sejumlah prosedural bandara. Dengan begitu dapat menghemat waktu tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah dengan perkiraan 12 jam perjalanan udara,” kata Farid, Sabtu (28/9).

Terkait fasilitas, Farid menyebut yang diberikan selama di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan seperti lokasi jamaah di area keberangkatan lantai empat untuk melakukan persiapan kelengkapan administrasi sebelum masuk ke ruang tunggu. Sarana tempat ibadah juga tersedia di area tersebut. Hal ini untuk memberikan kenyaman jamaah itu sendiri.

“Kemudian persiapan personel yang kami tugaskan untuk menjaga kelancaran proses keberangkatan jamaah umroh yaitu Terminal Service, Customer Service dan Avation Security serta di area sisi udara sebelum take off akan dilakukan inspeksi runway untuk memastikan keselamatan penerbangan,” ujar Farid.

Farid berharap dengan dibukanya rute tersebut masyarakat di Kalimantan Timur khususnya di Balikpapan bisa dengan mudah melaksanakan ibadah umroh. “Kemudian meningkatkan minat calon jamaah yakni memperoleh harga yang lebih terjangkau,” ungkapnya.

Sementara itu, sebagai langkah awal penerbangan Lion Air Balikpapan ke Madinah akan dilaksanakan satu kali dalam seminggu yakni di hari Sabtu. Menurut jadwal penerbangan tersebut akan terjadwal hingga 11 Januari 2020 mendatang. “Jadi untuk tahap awal ini penerbangan dibuka hanya sekali saja dalam satu minggu. Setiap hari Sabtu,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *