background img

RIZAL PRIHATIN TOILET SEMAYANG

3 years ago written by

Balikpapan – Mendekati arus mudik Lebaran 2017, Walikota Balikpapan Rizal Effendi bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan beberapa instansi terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pelabuhan Semayang, Selasa (20/6).

Sidak ini menindaklanjuti pemantauan arus mudik dan kesiapan sarana prasarana yang sebelumnya dilakukan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia Budi Karya Sumadi, Sabtu (17/6).
Selain meninjau pelayanan pelabuhan dan jumlah penumpang yang akan mudik, Rizal beserta rombongan juga memeriksa beberapa toilet umum yang tersedia di pelabuhan, baik toilet mobile maupun toilet permanen.

Rizal merasa prihatin dengan toilet yang berada di pelabuhan. Selain tempatnya kurang bersih, toilet tersebut juga dikenakan tarif yang bisa diubah semena-mena oleh penjaganya.

Usai sidak Rizal mengatakan, fasilitas umum seperti toilet ini harus diperhatikan. Karena sebagian yang ada masih kurang layak kebersihannya. Ini menjadi koreksi bersama dan harus diperbaiki.

Untuk tarif, Rizal berharap tidak ada petugas yang memanfaatkan momen arus mudik Lebaran ini. “Saya sudah meminta Kapolres untuk mengutus Kapolsek setempat agar ikut mengawasi, terlebih soal tarif WC bila terlalu mahal. Kadang-kadang momen seperti ini dimanfaatkan oleh oknum penjaga. Kita saling koordinasi demi kenyamanan saudara-saudara kita yang mau mudik. Kasihan mereka sudah tersiksa berhari-hari menunggu di sini. Jadi jangan dipalak, jangan dipungli, ” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Pemkot Balikpapan ini, toilet yang kurang layak seperti di pelabuhan dan tempat umum lainnya perlu menjadi perhatian. Apalagi dengan jumlah calon penumpang yang mencapai ribuan orang, sedangkan toilet yang tersedia masih berjumlah sepuluh.

“Saya sudah minta Pelindo agar toilet mobilenya ditambah. Tahun depan dianggarkan untuk fasilitas umum seperti toilet. Dan untuk sampah saran saya agar pihak ketiga bisa menangani dengan baik,” tegas Rizal. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *