background img

RIZAL: KULINER BALIKPAPAN TERKENAL

4 years ago written by

Balikpapan – Kementerian Pariwisata Indonesia dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2016 serentak di 14 provinsi di Indonesia. Di Balikpapan even yang berlangsung sejak Selasa (27/9) hingga 3 Oktober ini berlangsung di Atrium Pentacity Shopping Avenue, Balikpapan SuperBlock, Jl. Jend. Sudirman.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutan pembukaan siang tadi mengatakan, kuliner Balikpapan cukup terkenal di luar pulau Kalimantan. “Dua hari lalu saat saya ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Majalah Tempo. Pembawa acara mengatakan kalau mendengar Balikpapan yang diingat adalah kulinernya. Dan pada upacara resepsi Kenegaraan 17 Agustus 2016 menu kepiting khas Dandito menjadi salah satu sajian di Istana Negara,” ucap Rizal dengan bangga.

Acara pembukaan yang juga dihadiri Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Infantri Heri Setya Kusdiantara tersebut diikuti beberapa pelaku usaha makanan khas, seperti Kuliner Om Cihuy yang mengunggulkan Pancake Durian, IKM Center menawarkan olahan kripik dibalut cokelat putih, singkong Eropa, dan nangka salju, serta Almik dengan dendeng lele kering. Ada juga Koperasi Semayang yang menjual makanan dan kerajinan tangan.

Wakil APPBI Kalimantan Timur Aris Andriyanto menjelaskan, harga produk yang dijual selama even ini tidak lebih mahal dari outlet mereka. Bahkan ada yang memberikan diskon khusus selama acara berlangsung. “Kita dari APPBI tidak mematok target hasil penjualan, yang penting produk mereka dikenal lebih dulu oleh pengunjung,” ujar Aris. Festival ini juga dimeriahkan penampilan tari-tarian kontemporer Dayak dari Jali Jali Enterprise, serta karnaval parade dan band performance. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *