background img

Rizal Jelaskan Pemekaran dan Peleburan SKPD

4 years ago written by

Balikpapan – Walikota Balikpapan Rizal Effendi secara resmi menyampaikan nota penjelasan pemekaran dan peleburan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam nota penjelasan Raperda Kelembagaan pada Paripurna DPRD Balikpapan, Senin 15 Agustus 2016. Dalam penjelasanya, Walikota Rizal Effendi menyampaikan rencana penambahan dinas baru yakni Dinas Sosial,  Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas  Pertanahan dan Penataan Ruang.

Sedangkan untuk SKPD yang mengalami peleburan yakni Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman. Nantinya untuk urusan pengelolaan kebersihan akan menjadi tugas Dinas Lingkungan Hidup, sedangkan urusan pengelolaan pertamanan pemakaman akan menjadi tugas Dinas Perumahan dan Pemukiman. Sementara itu untuk pengelolaan pasar akan dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan, dengan alasan pemetaan urusan bidang perdagangan pengelolaan pasar menjadi sub urusan dari perdagangan.

Rizal menjelaskan Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata mengalami pengurangan satu bidang saja, yaitu bidang kebudayaan yang bergabung dengan Dinas Pendidikan.
Selanjutnya Dinas Tenaga Kerja dan Sosial urusan bidang sosial akan dilaksanakan oleh dinas sosial. Sedangkan urusan Ketenagakerjaan menjadi tugas dari Dinas Tenaga Kerja kecuali bidang pengawasan ketenagakerjaan yang beralih kewenangannya ke provinsi.

Untuk Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi akan menjadi dua dinas yaitu Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian,  Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Menurut Rizal, penambahan dan peleburan SKPD harus segera diselesaikan dan akan dimasukkan dalam pembahasan rancangan APBD 2017. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *