background img

RIZAL HARAP BALIKPAPAN MAKIN KOKOH

4 years ago written by

Balikpapan – Ribuan masyarakat Balikpapan dari berbagai unsur mengikuti upacara Nusantara Bersatu di Lapangan Merdeka Balikpapan, Rabu (30/11). Acara ini untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan. Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 07.30 Wita tersebut dihadiri Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Infantri Hery Kusdiantana, Kapolres AKBP Jeffry Dian Juniarta, serta sejumlah tokoh agama, tokoh adat, pelajar, mahasiswa, ormas dan unsur Muspida.

Tampak mereka ada yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah, seragam sekolah dan seragam ormas. Tak hanya itu, mereka pun mengikatkan kepala dengan pita Merah Putih. Rizal Effendi dalam orasi kebangsaannya menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas antusias dari seluruh masyarakat yang hadir. Dia berharap melalui kegiatan yang bertajuk Indonesia Bersatu Bhineka Tunggal Ika ini rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Balikpapan semakin kokoh. “Ini peristiwa pertama menyatakan rasa persatuan mencerminkan Merah Putihnya Indonesia di Balikpapan,” ujarnya.

Dikatakan, warga bersatu sepakat mempertahankan empat pilar bangsa dan menghilangkan perbedaan yang bisa memecahbelahkan bangsa. Balikpapan ingin membuktikan bahwa ada Indonesia mini. “Nusantara bersatu, Indonesia milikku, Indonesia milikmu, Indonesia milik kita bersama, Bhineka Tunggal Ika,” pekik Rizal. Diketahui, apel Nusantara Bersatu merupakan imbauan nasional. Meski begitu kegiatan ini tidak ada sangkut pautnya dengan unjuk rasa 2 Desember (212) mendatang terkait dengan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahya Purnama (Ahok). “Masyarakat kota Balikpapan diimbau tidak perlu ikut serta melakukan demo di Jakarta. Demo boleh saja, tapi jangan lah kejakarta cukup disini saja,” kata Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Infantri Hery Kusdiantana saat ditemui KPFM di sela-sela acara. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *