background img

RIZAL: EVALUASI SEMUA BENDAHARA

4 years ago written by

Balikpapan – Pemberantasan pungutan liar (Pungli) sangat serius diupayakan pemerintahan Presiden Jokowi, baik di tingkat Pusat hingga ke tingkat daerah. Namun di tengah semangat bersih-bersih pungli di lingkungan Pemerintah Kota, justru Pemkot Balikpapan tercoreng dengan ulah oknum bendahara BPMP2KB (Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana) yang menilep dana kas Rp300 juta Oktober lalu.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengaku malu dengan ulah oknum tersebut. Berangkat dari pengalaman pahit ini, Rabu (16/11) walikota mengintruksikan kepada seluruh SKPD agar melakukan pengecekan ulang dan evaluasi ulang seluruh personel bendahara, termasuk meneliti kembali pencatatan keuangan di lingkungan masing-masing agar tidak terulang. “Karena dia kan petugas bendahara. Saya sudah minta seluruh SKPD untuk mengecek ulang dan evaluasi semua bendahara atau personel yang berkaitan dengan keuangan. Kemudian pencatatan diperiksa semua, supaya ini tidak terjadi di tempat lain,” ujarnya.

Ketua Komisi I DPRD Balikpapan Syukri Wahid pernah mengusulkan agar Pemkot membentuk Satgas Pungli. Tidak hanya mengandalkan Inspektorat yang ruang geraknya sangat kecil. Namun Rizal menilai belum perlu, cukup memaksimalkan Inspektorat yang melakukan pengawasan di lingkungan Pemkot Balikpapan. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *