background img

Realisasi Proyek Mengecewakan Dinas PU Baru 58 Persen

5 years ago written by
Jelang tutup buku tahun anggaran 2015 pada 20 Desember mendatang, realisasi fisik maupun keuangan terus digenjot. Catatan yang masuk di Bagian Pembangunan Setkot Balikpapan, seluruh pekerjaan sudah mencapai 84,35 persen dengan realisasi keuangan 66,52 persen.
Hasil ini merupakan rekapitulasi dari semua proyek di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Namun, yang memprihatinkan adalah Dinas Pekerjaan Umum (PU), karena baru mencatatkan realisasi fisik 58 persen.
Kabag Pembangunan Setkot Balikpapan Freddy Oktavianus Nelwan menjelaskan, mengenai lambatnya realisasi keuangan bisa dimaklumi. Sebab, banyak kontraktor yang hanya mengambil pembayaran down payment (DP). Kemudian meminta pelunasan setelah proyek selesai sepenuhnya. Sehingga saat tutup buku nanti, target serapan anggaran sebesar 90 persen optimistis tercapai.
Sementara serapan rendah yang cukup mengejutkan di Dinas PU, disebutnya bisa jadi karena kesalahan dalam pelaporan. “Teknis pelaporan dari mereka nanti akan kita benahi lagi,” terangnya saat ditemui Kaltim Post di ruangannya, kemarin (14/12).
Ia menjelaskan, rendahnya serapan di Dinas PU juga karena banyak proyek kecil yang masuk di APBD Perubahan. Proyek seperti itu dipastikan selesai tahun ini, tapi saat awal bulan lalu memang masih tercatat rendah realisasi fisiknya. “Tapi begitu tutup buku nanti sudah 100 persen semua. Jadi, catatan di Dinas PU juga langsung naik,” tambahnya.
Anggaran yang diemban Dinas PU tahun ini sebesar Rp 1 triliun. Semua pekerjaan yang diagendakan bisa terlaksana, sehingga tak ada proyek yang meluncur tahun selanjutnya. Kecuali proyek multiyears contract (MYC) seperti Stadion Balikpapan, Balikpapan Islamic Center (BIC), dan gedung parkir yang memang sesuai kontrak rampung 2016 nanti.
Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tara Allorante masih enggan berkomentar banyak. “Saya masih di luar kota, jadi belum bisa menanggapi. Seingat saya angka 58 persen itu sudah beberapa bulan lalu,” ujarnya melalui pesan singkat.
(kaltimpost.co.id)
Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *