background img

Ratusan Ibu-Ibu Periksa Leher Rahim, Cegah Kanker Serviks

4 years ago written by

Balikpapan – BPJS Kesehatan bekerjasama  dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era  (OASE) pimpinan Iriana Joko Widodo,  Kementerian Kesehatan dan BKKBN  melaksanakan gerakan promotif preventif pemeriksaan Iva dan papsmear  secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dalam rangka ulang tahun BPJS ke 48.
Di Balikpapan, hal serupa digelar siang tadi di Puskesmas Manggar, kawasan PJHI. Kegiatan yang diikuti ratusan ibu-ibu tersebut dibuka Walikota Rizal Effendi, bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Nurlena Rachmad Mas’ud, didampingi Kepala DKK Balikpapan Balerina dan kepala departemen manajemen pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan regional 8 Kalimantan Oktovianus Ramba.
Oktovianus Ramba mengatakan, kegiatan pemeriksaan Iva dan Papsmear ini untuk mengetahui atau mendeteksi adanya kanker leher rahim atau kanker mulut rahim.
Jenis kanker ini sering terjadi pada wanita dan juga penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita.
Harapannya dengan kegiatan promotif preventif ini dapat menekan jumlah ibu-ibu berpotensi terkena kanker Serviks. Data WHO menyebutkan, ada 500.000 penderita kanker serviks per tahun, dan 1 hari meninggal karena penyakit tersebut. Pemeriksaan Iva dan papsmear merupakan kegiatan rutin yang dijamin oleh BPJS bagi peserta JKN. Walikota Balikpapan Rizal Effendi berharap kaum ibu untuk melakukan pemeriksaan secara dini untuk mencegah terjadinya potensi kanker serviks.
Rizal menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan secara serentak dan berlanjut di seluruh wilayah Balikpapan agar mengetahui kondisi riilnya.Sementara itu Kepala DKK Balerina membenarkan, kanker serviks merupakan penyakit nomor satu mematikan untuk jenis kanker. Diakui DKK tidak memiliki data pasti, namun diperkirakan penderita kanker serviks di Balikpapan cukup banyak. (Fredy/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *