background img

RAPERDA PERUBAHAN APBD 2020 DISEPAKATI

4 days ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan APBD tahun 2020 akhirnya disepakati bersama, antara DPRD dan Pemkot Balikpapan.

Persetujuan bersama tersebut tertuang dalam rapat paripurna yang digelar DPRD Balikpapan, Rabu (16/9) di ruang rapat lantai ll, Gedung DPRD Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota.

Dengan agenda penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Raperda APBD tahun 2020.

Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Abdulloh. Dalam pelaksanaanya, seluruh juru bicara fraksi menyampaikan pandangan akhir masing-masing, termasuk memberikan masukan. Sebelum menyetujui Raperda tersebut ditetapkan menjadi Perda.

Diwawancarai usai paripurna, Ketua DPRD Abdulloh mengatakan, semula APBD murni 2020 sebesar Rp 2,5 triliun. Kemudian setelah refocusing dan pembahasan APBD Perubahan 2020 menjadi Rp 2,084 triliun. “Artinya berkurang sekitar Rp 500 miliar,” kata Abdulloh kepada wartawan.

APBD Perubahan ini melorot karena terjadi refocusing pada saat penanganan pandemi Covid-19. Sehingga ada beberapa hal yang kegiatannya tidak bisa dilaksanakan. “Karena kita fokus kepada penanganan Covid,” ujarnya.

Sedangkan belanja daerah dari yang semula Rp 2,7 triliun menjadi Rp 2,3 triliun, yang juga diakibatkan karena refocusing. “Ada selisih Rp 400 miliar dan ada defisit sekitar Rp 309 miliar,” ungkapnya.

Abdulloh menambahkan, ada juga pendapatan yang tercapai Rp 339 miliar. Sehingga diyakini defisit Rp 309 miliar bisa tertutupi. “Kalau dibelanjakan sesuai biaya yang ada, semua bisa dijalankan sesuai porsi anggaran,” ucapnya.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *