background img

RAHMAD-TOHARI TES PSIKOLOGI

5 days ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud – Tohari Azis kembali menjalani ujian tertulis dan wawancara untuk pemeriksaan psikologi di Gedung Gabungan Dinas, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Selasa (15/9).

Pemeriksaan psikologi ini merupakan lanjutan dari tes kesehatan dijalani bakal paslon Rahmad Mas’ud dan Thohari Aziz setelah menjalani dan menyelesaikan pemeriksaan kesehatan selama kurang lebih tujuh jam di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Kota Balikpapan pada 14 September 2020.

Untuk melaksanakan ujian psikologi terhadap pasangan bakal calon kepala daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan bekerjasama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Kaltim.

Dalam kesempatan ini bakal paslon Rahmad-Tohari datang sekitar pukul 08.15 Wita mengenakan kemeja putih dan celana hitam serta berpeci, yang dilanjutkan dengan tes tertulis dengan mengisi ratusan soal psikotes.

Selanjutnya, pasangan Rahmad Mas’ud – Tohari Azis melanjutkan tes wawancara yang dilakukan secara bergantian.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, tes kesehatan selama dua hari dari tanggal 14 hingga 15 September ini merupakan rangkaian syarat wajib yang harus dijalankan bakal paslon sebelum ditetapkan menjadi pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Pilkada Kota Balikpapan pada 23 September mendatang.

”Ini masih rangkaian tes jasmani dan rohani kemarin. Masalah tempat berbeda dengan yang kemarin ini, atas permintaan tim pemeriksa Himpsi. Kami KPU hanya mengikuti, ” katanya ketika diwawancarai wartawan, Selasa (15/9).

Menurut Thoha, untuk pemeriksaan kesehatan rohani biasanya lengkap dan mendalam serta harus dijawab oleh peserta. Sebab untuk bisa maju pada Pilkada 9 Desember, kedua bakal calon ini harus lolos atau memenuhi syarat (MS) sebagai paslon wali kota dan wakil wali kota.

”Banyak sekali pertanyaannya yang harus dijawab. Nanti hasilnya akan dianalisa oleh tim Himpsi diwakili Anisa yang saat ini sedang memberikan tes tertulis kepada bakal paslon Rahmad – Tohari,” jelasnya.

Rencananya hasil tes dua hari ini akan diplenokan tim dokter pemeriksa RSKD pada Rabu besok (16/9). “Hasilnya Kamis sudah bisa diketahui,” tambah Thoha.

Salah satu tim penguji dari Himpsi Kaltim , Anisa Putri menjelaskan, ada banyak materi yang diujikan kepada masing-masing pasangan bakal calon. Sebagian besar menyangkut pengujian secara rohani terkait kemampuan seseorang dalam menjalan tugas sebagai seorang pemimpin.

“Semua materi dalam ujian ada di juknis (petunjuk teknis). Intinya adalah menyangkut kesiapan dari masing-masing pasangan bakal calon dalam menjadi calon kepala daerah, seperti menyangkut kemampuan berfikir untuk memecahkan suatu masalah,” jelasnya.

Sementara itu, Bakal Calon Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang diwawancarai wartawan usai menjalani tes psikologi menjelaskan, selama ujian dirinya diminta untuk mengisi sekitar 270 soal.

“Ada pertanyaannya yang simpel tapi susah, tapi ini kan jawabannya menyesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing, biar tim nanti yang menilai, persiapan saya cuma satu yaitu doa,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan tes wawancara, dirinya juga diminta untuk menceritakan terkait tujuan dirinya yang memiliki latar belakang pengusaha untuk turun ke dunia politik dan maju sebagai calon kepala daerah.

“Mereka meminta saya untuk menceritakan semuanya, mengenai diri saya dan bagaimana saya terjun ke dunia politik,” tuturnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *