background img

PPDB BEBAS PUNGLI, KALAU ADA LAPORKAN

1 year ago written by

KPFM BALIKAPPAN – Untuk menghindari Pungutan Liar (Pungli) saat pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Balikpapan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bersama tim Saber Pungli, Inspektorat dan Polres membuka posko pemantauan.

Demikian disampaikan Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Muhaimin saat diwawancarai KPFM, Rabu (26/6). Ia mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait akan mengawal hingga tuntas proses pelaksanaan PPDB tahun 2019 ini.

“Semua instansi terkait sudah buka posko PPDB. Tanggal 28 ini kami juga akan mengumpulkan kepala sekolah yang ada di Balikpapan bersama tim saber pungli untuk sosialisasi dengan Ombusman RI terkait pemahaman mengenai sumbangan dan pungutan,” kata Muhaimin.

Pria berkacamata ini juga memastikan tidak ada pungutan liar di PPDB tahun ini. Dalam aturan juga sudah jelas jika PPDB khususnya di sekolah negeri tidak ada pungutan pembiayaan dalam bentuk apapun.

“Dalam aturan sudah jelas PPDB di sekolah negeri tidak ada pungutan pembiayaan. Mudah-mudahan tidak ada lah,” ujarnya.

Ia mengimbau, apabila ada masyarakat yang menemukan kepala atau pihak sekolah melakukan pungli pada PPDB tahun 2019 ini, diharapkan segera melapor ke Disdiskbud. Hanya, laporan harus disertakan dengan bukti-bukti yang valid.

“Silahkan lapor ke Disdikbud. Kalau terbukti, kami akan menindak oknum dengan mengusulkan ke Walikota untuk mencopot jabatannya,” tegasnya.(FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *