background img

PLN Siagakan 8 Regu Patroli Atasi Pencurian Listrik

5 years ago written by

Pencurian listrik yang dilakukan oleh oknum masyarakat di Balikpapan masih sering terjadi, bahkan PLN area Balikpapan sendiri bisa menemukan 3 – 8 kasus pencurian listrik perhari yang tertangkap tangan oleh petugas patroli PLN.
Priyo selaku manager PLN area Balikpapan mengatakan, pencurian listrik masih sering terjadi terlebih di wilayah Balikpapan yang padat penduduk seperti daerah Balikpapan Barat dan Balikpapan Timur, dalam sehari petugas patroli PLN bisa menemukan 3 – 8 kasus pencurian listrik di Balikpapan.
PLN sudah membentuk petugas P2TL (Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik). Mereka bertugas untuk menertibkan dan mengamankan para pengguna listrik illegal dan petugas ini sudah terbagi dalam 8 regu yang disebar di seluruh Balikpapan.
Pencurian listrik sendiri sudah diatur di UU tentang ketenagalistrikan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, namun untuk sementara PLN hanya menahan peralatan yang digunakan untuk pencurian listrik dan mewajibkan kepada pelaku untuk membayar kerugian listrik selama penggunaan listrik illegal, apabila masih menggunakan listrik illegal maka PLN akan menindak tegas para pelaku pencurian listrik.
Pihak PLN menghimbau kepada masyarakat agar bisa melaporkan jika melihat kasus pencurian listrik karena PLN tidak bisa bekerja maksimal tanpa bantuan laporan masyarakat, karena pencurian listrik ini bisa berakibat fatal, yaitu bencana kebakaran.
 
(Adam Derari) (image: beritadaerah.co.id)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *