background img

PILKADA BALIKPAPAN DIBANTU 1,7 M

7 days ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Pusat akhirnya mencairkan dana bantuan Rp1,7 miliar untuk pelaksanaan Pilkada serentak di Kota Balikpapan pada 9 Desember mendatang.Dana tersebut dari Kementerian Dalam Negeri kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan untuk membantu penyediaan kebutuhan protokol kesehatan pada pelaksanaan Pilkada di masa pandemi Covid-19.

“Dari Rp13,5 miliar anggaran yang kami ajukan, sebesar Rp1,7 miliar sudah dicairkan,” kata Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha ketika diwawancarai wartawan, Sabtu (27/6).Ia menjelaskan, dana tersebut bantuan yang dialokasikan Kementerian Dalam Negeri untuk membantu tahapan awal pelaksanaan Pilkada di Kota Balikpapan.

Seperti penyediaan kebutuhan protokol kesehatan Covid-19 kepada petugas Pilkada yang dapat diadakan tanpa proses lelang.
“Yang paling banyak itu akan dicarikan di bulan Desember, karena yang sekarang ini untuk menanggulangi kegiatan-kegiatan awal,” jelasnya.

Menurutnya, sejak dimulainya kembali tahapan persiapan pelaksanaan Pilkada di Kota Balikpapan, pihaknya sudah menerapkan kebijakan protokol kesehatan kepada setiap petugas yang dilibatkan. Seperti selalu menggunakan masker, sarung tangan dan hand sanitizer.

“Dari awal pelaksanaan 15 Juni lalu protokol Covid-19 pada pelaksanaan Pilkada sudah dijalankan,” ungkapnya. Ia menjelaskan, pihaknya belum mengetahui secara pasti berapa total anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk membantu pelaksanaan Pilkada di Kota Balikpapan.

“Pengajuan kita memang Rp13,5 miliar, yang disetujui berapa, kita juga belum tahu. Makanya angka Rp13,5 miliar itu belum dipenuhi semuanya, karena juga melihat kondisi daerah. Apakah nantinya ada beberapa item yang ditanggung oleh daerah. Kementerian Dalam Negeri juga memantau bagaimana kemampuan daerah,” terangnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *