background img

PERTAMINA EP ASSET 5 TAMBAH 6 SUMUR BARU

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pertamina EP Asset 5 (PEP Asset 5) Balikpapan akan membuka sumur baru untuk kegiatan eksplorasi pengeboran minyak pada 2019 ini. Rencananya eksplorasi mulai dilakukan pada Juli dan Agustus 2019.

General Manager Pertamina EP Asset 5, Irwan Zuhri menyampaikan itu saat menggelar acara syukuran tajak sumur pengeboran, di Ballroom PEP Asset 5, jalan Marsma R. Iswahyudi, Gunung Bakaran, Balikpapan Selatan (Balsel), Senin (15/7).

“Dalam bulan ini kita akan tajak enam sumur baru. Kita harapkan sumur ini akan mendongkrak produksi. Karena sampai saat ini produksi kita baru mencapai 97 persen dari target. Mudah-mudahan kalau sumur ini selesai dibor produksi kita akan bisa mendekati angka 100 persen,” katanya.

Enam sumur tersebut, lanjut Irwan, yakni sumur B-1813 dan B-1801 di Bunyu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara,  STE-13 dan SBR-C8 di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara, serta LSE-P1904 dan SBJ-P19 di Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Sumur-sumur ini akan ditajak di bulan Juli dan Agustus, dan diprediksi dapat diproduksikan satu bulan kemudian. Potensi penambahan produksi untuk PEP Asset 5 sebesar kurang lebih 1.523 Barrel Oil Per Day (BOPD),” ujarnya.

Irwan menambahkan, tidak semua aktivitas pengeboran PEP Asset 5 membuahkan hasil. Ada beberapa sumur yang dibor, namun gagal. Meski begitu sebagian besar memberikan penambahan produksi bagi Asset 5.

“Di bawah tanah tidak ada yang bisa memprediksi. Namun, melalui bekerja, berdoa, dan beramal Insya Allah target produksi yang dibebankan negara kepada kami dapat tercapai,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Irwan juga menjelaskan bahwa PEP Asset 5 merupakan salah satu unit Pertamina EP (PEP) yang mengusahakan kebutuhan energi bagi negeri. PEP Asset 5 beroperasi di wilayah Kalimantan dan mengawasi operasi lima lapangan.

“Ada lima lapangan. Di Kaltim itu ada di Sangasanga dan Sangatta, kemudian di Kaltara ada di Tarakan dan Bunyu, serta Tanjung di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Berdasarkan data akhir Juni 2019, lanjut Irwan, tercatat produksi (YTD) minyak mentah PEP Asset 5 sebesar 17.905 barrel oil per day dari target 18.522 BOPD, atau realisasi sebesar 96,7 persen.

 “Kalau produksi gas bumi tercatat sebesar 16,57 million standard cubic feet per day (MMSCFD) dari target 15,07 MMSCFD, atau realisasi sebesar 109,9 persen,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada acara syukuran tajak sumur pengeboran ini oPEP Asset 5 juga menyerahkan santunan kepada empat panti asuhan yang ada di Balikpapan. Empat panti asuhan adalah LKSA Darussilmi, Panti Asuhan Assakinah, Yayasan Al Kahfi, dan Panti Asuhan Korpri Manuntung. Donasi yang diberikan sebesar Rp 10 juta setiap panti asuhan. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *