background img

PERSIBA WASPADAI KEBANGKITAN PERSIK

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Persiba Balikpapan akan melakoni pekan ke enam Liga 2 Wilayah Timur dengan menjamu Persik Kediri di Stadion Batakan, Manggar, Balikpapan Timur (Baltim), Sabtu (20/7) malam.

Laga yang akan dimulai pukul 19.30 Wita ini dipastikan tak mudah bagi Beruang Madu julukan Persiba Balikpapan. Sebab,  lawan kini nangkring di peringkat dua wilayah timur. Di sisi lain, juga punya komposisi pemain yang tak bisa dianggap remeh.

Meski begitu, ada segelintir alasan yang membuat Persiba lebih dari mampu untuk mengalahkan Persik Kediri. Yang paling utama adalah Persiba akan menjalani pertandingan ini di kandang sendiri yaitu di Stadion Batakan.

Ketika bermain di Batakan, Persiba memang begitu bringas. Sepanjang musim ini, hanya menelan satu kekalahan ketika bermain di kandang. Kekalahan itu pun diderita di partai pembuka, melawan tim kuat PSIM. Selebihnya, Beruang Madu berhasil meraih kemenangan. Terbaru kemenangan dengan skor menyakinkan 3-0 atas Persatu Tuban pekan lalu.

Meski di atas kertas Persiba lebih unggul, sang arsitek Salahudin menegaskan kepada anak asuhnya untuk tidak menganggap remeh lawan. Apalagi materi pemain yang dimiliki tim asal Jawa Timur itu rata-rata mempunyai kualitas yang sangat bagus.

“Persik Kediri itu tim bagus. Saya melihat salah satu tim di Wilayah Timur yang cara kerja dan materi pemainnya bagus adalah Persik Kediri,” kata Salahudin usai memimpin latihan di Lapangan Bima Sakti Lanud Balikpapan, Kamis (18/7) sore.

Selain cara kerja dan materi pemain bagus, yang perlu diwaspadai dari Persik Kediri, lanjut Salahudin, adalah motivasi bangkit yang mereka miliki. Dalam hal ini, Persik Kediri tentu tak ingin kembali terpuruk setelah menelan kekalahan di kandang atas Persewar Waropen pekan lalu.

“Yang patut kita antisipasi juga adalah bangkitnya mereka. Setelah kalah di kandang melawan Pesewar Waropen. Artinya, saat mereka di atas mereka sedikit lengah dan setelah kalah mereka sadar dan akan kembali bangkit. Itu yang kita akan antisipasi,” ujarnya.

Untuk menyiasati itu, mantan pelatih Madura FC itu menginstruksikan anak asuhnya untuk kerja keras dan bermain dispilin selama pertandingan. “Ya, harus kerja keras, disiplin dan jaga kondisi. Kalau mereka persiapannya 100 persen kita harus 200 persen,” ungkapnya.

Disinggung soal skuat yang akan diturunkan, pelatih 40 tahun itu mengaku jika tidak akan banyak melakukan perubahan. Hanya dua hingga tiga pemain saja yang akan dirotasi. Itu pun karena pemain tidak dalam kondisi prima.

“Di lini belakang Syahrul kita mainkan. Karena Dani dalam latihan beberapa hari terakhir kondisinya menurun. Kemudian di lini depan Aji Kusuma dan M Rasul juga kita miankan karena Mardiono dan Beni Oktovianto tidak fit,” ucapnya.

Sementara soal target, pelatih yang identik dengan bertopi itu menegaskan jika tiga poin wajib didapat. Ini agar memuluskan langkah Persiba ke empat besar klasemen. “Kalau kita mau aman, pertandingan besok harus tiga poin. Nah kalau sudah di empat besar kita akan pertahan itu,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *