background img

PENTING, PERKUAT 5 PILAR POROS MARITIM

4 years ago written by

Balikpapan – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) semakin memperkuat kesadaran akan pentingnya lima agenda (lima pilar) dalam membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Hal itu diwujudkan melalui Forum Sosialisasi Bidang Kemaritiman bertemakan Pembangunan Infrastruktur Kemaritiman Indonesia untuk Peningkatan Kesejahteraan Bangsa, yang digelar oleh Kemenkominfo bekerja sama dengan Diskominfo Balikpapan di Swiss Belhotel, Balikpapan Ocean Square (BOS), Senin (19/6). Hadir dalam acara itu para nelayan, paguyuban pedagang ikan, akademisi dan instansi pemerintahan terkait.

Deputi IV Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Maritim Safri Burhanuddin mengatakan, kesadaran masyarakat terhadap lima agenda dalam membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia itu dinilai sangatlah penting. Karenanya, agenda tersebut diharapkan mendapat dukungan dari seluruh unsur masyarakat.

“Dukungan masyarakat dan peran masyarakat pesisir maupun nelayan begitu penting terhadap lima agenda ini,” ungkap Safri.

Selain itu, lanjutnya, untuk mendukung agenda tersebut pendidikan dan pembentukan kesadaran terhadap nilai-nilai kemaritiman kepada masyarakat, merupakan salah satu modal utama dalam mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Saat ini, lima agenda yang disusun sejak akhir tahun 2015 itu telah berjalan. Namun demikian, Safri menyebutkan, hal paling sulit dalam agenda tersebut adalah mensinergikan antar berbagai kementerian dan lembaga yang terkait. “Makanya ini langsung dipimpin oleh pak Presiden,” katanya.

Adapun lima pilar dalam usaha pemerintahan Jokowi-JK mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah membangun budaya maritim Indonesia, menjaga sumber daya laut dan menciptakan kedaulatan pangan dengan menempatkan nelayan pada pilar utama, memberi prioritas pada pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim, menerapkan diplomasi maritim dan membangun kekuatan maritim sebagai bentuk tanggung jawab menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *