background img

PENGAWASAN DPKP LEMAH

4 years ago written by

Balikpapan – Pengawasan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Balikpapan terhadap penjualan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasar Manggar masih lemah. Hal ini diakui Kepala DPKP Muhammad Yosmianto setelah bertemu dengan perwakilan pedagang ikan Pasar Manggar, Senin (24/10).

Para pedagang tersebut mengeluhkan aktivitas penjualan di TPI Manggar yang tak sesuai dengan kesepakatan. Perjanjian antara pedagang ikan Pasar Manggar dan DPKP, TPI Manggar yang letaknya bersebelahan dengan Pasar Manggar tak boleh mengecer (menjual ikan) di bawah 5 kilogram, kecuali kepada para penjual ikan bermotor. Namun hal itu tak dihiraukan, dan berdampak pada turunnya penjualan ikan di Pasar Manggar.

Saat ditemui KPFM setelah pertemuan dengan pedagang ikan Pasar Manggar, Muhammad Yosmianto mengakui bahwa pihaknya masih kurang dalam hal pengawasan. “Aktivitas penjualan di TPI berlangsung mulai pagi pukul 03.00 Wita, sementara petugas perikanan dari DPKP baru mulai pukul 07.00 Wita. Petugas kita juga terbatas dan tak bisa mengawasi secara terus menerus di TPI,” ujarnya.

Yosmianto menyebutkan, apabila penjualan ikan di TPI di bawah 5 kilogram, maka hal itu merupakan ilegal. “Jika ingin membeli ikan di bawah 5 kg, sebaiknya masyarakat membeli di pasar,” imbau Yosmianto. Ia mengatakan, segera meninjau langsung kondisi di TPI dan Pasar Manggar guna mencari solusi bersama. “Untuk sementara akan dibuat spanduk di TPI tentang imbauan untuk mengecer ikan di bawah 5 kg,” tambahnya. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *