background img

PENGAWASAN DISHUB DI LAUT LEMAH

4 years ago written by

Balikpapan  – Pengawasan Pemerintah Kota Balikpapan dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) atas keselamatan lalu lintas laut dinilai sejumah pihak masih lemah. Selaku pihak berwenang seharusnya Dishub tidak saja fokus pada lalu lintas darat.

Mantan Kadishub Balikpapan Kadarsyah mengatakan, sebaiknya Dishub juga mengawasi ketat operasional transportasi laut yang ada di sejumlah pelabuhan Balikpapan. “Saya sangat prihatin kejadian laka laut belakangan ini. Pemerintah daerah seharusnya mengawasi secara ketat kapal-kapal yang ada di pelabuhan. Jadi bukan transportasi darat saja, tapi laut juga diperhatikan,” ujar Dekan Fakultas Hukum Universitas Balikpapan ini ketika dijumpai KPFM siang tadi (28/9).

Seperti dikehendaki banyak pihak, dua peristiwa kecelakaan transportasi laut di perairan Teluk Balikpapan yang menelan lima korban jiwa tahun 2016 sebijaknya menjadi perhatian lebih instansi terkait tersebut. Kenyataan di lapangan, hingga kini petugas Dishub tak efektif memberikan sosialisasi atau pengawasan atas keselamatan penumpang tersebut. Salah satunya di pelabuhan rakyat Kampung Baru, dimana masih tampak kurangnya kesadaran penumpang maupun operator jasa angkutan penyeberangan atas keselamatan jiwa.
Data Basarnas Balikpapan sepanjang tahun 2016 ini sudah 13 kali laka laut terjadi di wilayah Kaltim. Sedangkan di tahun 2015 ada 21 peristiwa. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *