background img

PENDAPATAN 4,5 JUTA TAK WAJIB NPWP

3 years ago written by

Balikpapan – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama di jalan Ruhui Rahayu No. 01, Gunung Bahagia, Balikpapan, merupakan pelayanan pajak yang bertemu langsung dengan para wajib pajak untuk beragam keperluan. Salah satunya adalah pembuatan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Menurut Kasi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Ponco, sebenarnya untuk perorangan yang memiliki pendapatan di bawah Rp54 juta per tahun atau sekitar Rp4,5 juta per bulan, tidak diwajibkan untuk memiliki NPWP.

“Hanya saja untuk keperluan administratif lainnya diperlukan NPWP. Seperti kepengurusan pembukaan rekening dan transaksi jual beli tanah atau rumah,” ujar Ponco saat bincang pada program KK Jessica KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Kamis (8/6).

Tidak cukup sampai di sini, lanjut Ponco, pemilik NPWP ternyata juga memiliki kewajiban yang melekat. “Untuk melakukan pelaporan setiap bulannya bagi yang memiliki usaha, dan pelaporan tahunan untuk wajib pajak seorang karyawan,” kata Ponco didampingi pelaksana ekstensifikasi Anggi, dan Kasi Waskon 2 Hanafi.

Dikatakannya, untuk Wajib Pajak (WP) yang memiliki usaha dengan omzet Rp4,8 miliar per tahunnya, cukup membayar pajak senilai 1% dari omzet. “Cukup melakukan transaksi di ATM dan secara otomatis dianggap sebagai pelaporan,” ujarnya.

Sementara Hanafi menjelaskan, 80 persen dari APBN berasal dari pajak. Karena itu diharapkan kesadaran masyarakat untuk bisa berperan dalam pembangunan Indonesia. (JESSICA/KPFM)

Article Categories:
Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *