background img

PENDAFTARAN CALON INDEPENDEN 9 DESEMBER

1 month ago written by

Foto : Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha

KPFM BALIKPAPAN – Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Balikpapan 2020 semakin dekat. Bagi yang ingin maju dari jalur independen alias non partai, harus mulai menyiapkan berkas kelengkapan syarat sejak sekarang.

Sebab, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menjadwalkan akan membuka penyerahan berkas formulir dukungan calon perseorangan pada tanggal 9 Desember 2019 mendatang.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha menyampaikan itu saat diwawancarai awak media baru-baru ini. Menurutnya, saat pendaftaran calon independen diwajibkan memenuhi syarat dukungan minimal yakni sebanyak 39 ribu dukungan. Itu dibuktikan dengan fotokopi KTP-el.

“Minimal dukungan 8,5 persen. Kalau dihitung dari jumlah DPT di Balikpapan sebesar 446.114 orang, maka dukungan yang harus didapat sekitar 39.450 dukungan. Jumlah dukungan yang dilampirkan juga wajib dimasukkan dalam formulir B1-KWK,” kata Thoha.

Untuk memastikan kebenaran bukti dukungan yang dilampirkan, KPU Balikpapan akan membentuk tim verifikator. Tim tersebut nantinya bertugas melakukan verifikasi terhadap bukti dukungan secara faktual di lapangan. Ini memastikan kebenaran bukti dukungan yang diserahkan.

“Masing-masing warga yang dilampirkan identitas sebagai pendukung, akan ditanyai secara kebenarannya. Kalau KPU sendiri yang melakukan ini pasti berat, makanya kami libatkan RT,” ujarnya.

Ketua RT yang dilibatkan, lanjut Thoha, tidak boleh terlibat partai politik. Atau tim sukses dari salah satu bakal calon yang akan maju. Hal ini untuk memastikan kinerja tim verifikasi yang dibentuk. “Ada beberapa syarat yang harus diisi, salah satunya tidak terlibat parpol atau timses,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *