background img

Dea and Friends: "Penampilan Jadi Kunci Kesuksesan"

5 years ago written by

Jabatan sebagai general manager di sebuah hotel bisa dikatakan paling menjanjikan. Bagaimana seseorang bisa berada di posisi itu tidaklah mudah. Seperti yang diungkapkan General Manager Hakaya Plaza Hotel Ridwan Kurniawan dan General Manager Sagita Hotel Doddy Achdiyat saat ditanya Claudia Devie dalam program KK Jessica “Dea and Friends” di KPFM Balikpapan, Rabu (16/12).
Ridwan menceritakan, dia mengawali karier dari paling bawah sebagai houseman, kemudian room boy, sampai akhirnya menjadi seorang GM. Perjalanan yang cukup panjang dan kini merasakan pentingnya peranan seorang GM dalam dunia perhotelan.
Berbeda dengan Ridwan yang merupakan lulusan dari sekolah perhotelan, Doddy justru secara tidak sengaja masuk di dunia perhotelan.
GM Sagita Hotel ini hanya ingin segera mendapatkan pekerjaan dan saat itu ia melihat ada lowongan di salah satu hotel bintang lima di Jakarta. Memulai karier dari posisi reservation, meski memiliki background sarjana perencanaan wilayah.
Dari Jakarta, kemudian Surabaya, Jogjakarta hingga sekarang di Balikpapan. “Saya sempat ingin pensiun dari dunia perhotelan dan sempat mengajar selama empat tahun, tapi ternyata saya kembali lagi ke dunia perhotelan,” tutur Doddy.
Menurutnya, seseorang yang hendak bekerja di perhotelan haruslah memiliki jiwa penolong, mampu berbahasa asing, dan komitmen.
Dunia perhotelan memang identik dengan kesan formal dan rapi. Kemeja, jas, dasi, dan good looking selalu jadi image umum. Menurut Ridwan, ia tidak melakukan perawatan khusus, hanya terkadang memanjakan tubuh dengan sauna dan salon.
“Bagi pria yang penting kelihatan fresh dan tidak lelah. Itu sangat penting dalam first impression,” ucap Ridwan. Begitu pula yang disampaikan Doddy. Terlebih kala menghadapi tekanan pekerjaan atau kejenuhan.
 
(kaltimpost.co.id)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *