background img

PEMUDIK MULAI PADATI SEMAYANG

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Keramaian mulai terlihat di Pelabuhan Semayang Balikpapan, jalan Yos Sudarso, Prapatan, Balikpapan Kota (Balkot). Seperti pantauan KPFM, Senin (27/5) siang, jelang keberangkatan Kapal Motor (KM) Labobar dan KM Umsini. Terlihat ada ratusan penumpang memadati area Pelabuhan Semayang, mulai dari halaman parkir hingga ruang tunggu keberangkatan.

Untuk diketahui, pada Senin hari ini memang dijadwalkan Pelabuhan Semayang Kota Balikpapan kedatangan dua unit kapal yakni KM Labobar dari Tarakan menuju Surabaya dan KM Umsini dari Makassar, dan akan kembali ke Makassar lagi.

“Hari ini memang sudah mulai terlihat arus mudik warga Balikpapan dan sekitarnya. Dan hari ini pula kita kedatangan dua Kapal Motor yaitu Labobar dan Umsini,” kata Kepala PT Pelni cabang Balikpapan Yohanes Bane, saat meninjau Pelabuhan Semayang Balikpapan, Senin (27/5).

Meski para pemudik sudah mulai memadati pelabuhan, Yohanes menyebut jika puncaknya diprediksi baru akan terjadi pada hari Kamis 30 Mei 2019 atau Sabtu 1 juni 2019 mendatang. “Kira-kira puncaknya itu pada Kamis atau Sabtu lah, karena itu mendekati Lebaran. Tiket ditanggal itu saja sudah sold out semua, juga termasuk yang tambahan,” ujarnya.

Dia menambahkan, penumpang yang berangkat kali ini meningkat hingga 20 persen dari keberangkatan sebelumnya. Lagi-lagi peningkatan ini disebabkan oleh tingginya harga tiket pesawat saat ini.

“Kalau saya lihat ini ada peningkatan sebesar 20 persen dari sebelumnya. Kita pasti sudah tahulah kenapa ini meningkat, ya karena tiket pesawat yang tinggi,” ungkapnya.

Tingginya harga tiket pesawat memang menjadi salah satu faktor meningkatnya jumlah pengguna transportasi laut saat ini. Hal ini juga disampaikan oleh salah satu penumpang tujuan Makassar Andi Harun. Menurutnya, harga tiket yang mencapai jutaan rupiah membuatnya berpikir ulang untuk menggunakan pesawat.

“Apalagi saya pulang ke kampung ini bersama istri dan empat orang anak. Makanya pilih kapal karena harga tiket pesawat kan lagi mahal. Kemarin anak saya lihat sampai sejutaan, kalau kami berenam kan bisa enam jutaan lebih, nggak sanggup saya,” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh penumpang lainnya, Rudi. Pemudik tujuan kota Surabaya ini mengaku jika tingginya harga tiket pesawat yang terjadi saat ini membuat dirinya lebih memilih jalur laut.

“Alhamdulillah, kalau kapal masih bisa dibeli lah mas, kemarin dapat empat ratus ribuan saja. Kalau pesawat kemarin lihat di Traveloka sudah satu juta enam ratus ribuan eh mas. Nggak sanggup,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *