background img

PEMKOT BANTU SPP SEKOLAH SWASTA

1 month ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyerahkan bantuan subsidi SPP kepada sekolah swasta yang ada di Kota Balikpapan. Baik SD, Madrasah Ibtidaiyah, SMP dan juga MTS.

Penyerahan bantuan secara simbolis diberikan langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi didampingi Kepala Disdikbud Muhaimin kepada perwakilan sekolah, di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Senin (21/9) sore.

“Ini merupakan lanjutan dari program peduli pendidikan. Berawal dari kegiatan peduli pendidikan berupa partisipasi dari masyarakat dan komite sekolah yang membantu android dan laptop kepada siswa, dilanjutkan kegiatan peduli penyediaan internet,” kata Muhaimin.

Kemudian, khusus di APBD Kota Perubahan sebetulnya Pemkot juga akan memberikan bantuan internet kepada seluruh siswa yang ada di Kota Balikpapan.

Tapi karena ada program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah dibantu melalui pembelian kuota internet untuk siswa SD, SMP dan SMA, maka anggaran tahun 2020 Perubahan dialihkan membantu subsidi kepada sekolah swasta.

“Artinya, anak-anak kita di sekolah swasta baik SD, MI, SMP dan MTS itu dibantu subsidi SPP oleh Pemkot Balikpapan,” ujarnya.

Per bulan, lanjut Muhaimin, untuk tingkat SMP akan mendapatkan Rp 100 ribu setiap siswa selama enam bulan. Terhitung mulai bulan Juli sampai Desember. Dan untuk SD sebesar Rp 60 ribu per siswa, juga selama enam bulan.

“Untuk jumlah sekolahnya, SD swasta ada 53 dan MI 23. Kemudian SMP swasta 52 dan MTS swasta 12. Jadi, jumlah total siswa SD/MI itu 19.260 siswa, dan SMP 12.874,” ungkap Muhaimin.

Untuk teknisnya, sebagai contoh di SD Kemala Bhayakari biaya SPP misalnya Rp 300 ribu, maka SPP tersebut dikurangi dengan subsidi dari Pemkot Balikpapan. Begitu juga dengan SMP.

“Nah, kalau misalnya biaya SPPnya Rp 100 ribu, maka gratis. Karena sudah ada subsidi dari Pemkot. Dengan begitu orang tua akan sedikit terbantu,” ucapnya.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *