background img

PELNI ANTISIPASI PEMUDIK TELANTAR

3 years ago written by

Balikpapan – Arus mudik transportasi laut menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah di Pelabuhan Semayang Balikpapan terus memadat. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) mengantisipasi kemungkinan adanya penumpang telantar lantaran kehabisan tiket, dengan cara menambah armada pelayaran.

Kepala Cabang PT Pelni Balikpapan Firman Rachimin mengatakan, Pelni memastikan tahun ini para pemudik dari Balikpapan bisa terangkut semua. Bahkan untuk jurusan Balikpapan – Surabaya, Pelni menambahkan satu armada kapal lagi.

“Untuk tujuan Balikpapan – Surabaya, selain KM Labobar juga diperbantukan KM Tidar dengan rata-rata per keberangkatan sekitar 3 ribu hingga 4 ribu penumpang dengan jadwal terakhir pada 24 Juni mendatang. Selain itu, bagi masyarakat yang tujuannya ke Timur, seperti Balikpapan – Makassar, Pare-Pare ke NTT juga dipastikan bisa terangkut semua,” ujarnya, Kamis (22/6).

Pada angkutan mudik Lebaran tahun ini, lanjut Firman, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang sejak dua bulan sebelumnya. Salah satu di antaranya yaitu dengan menambah armada kapal.

Berdasarkan evaluasi dari kejadian tahun lalu, arus balik ke Balikpapan lebih ramai. Maka untuk mengevaluasinya, Pelni akan menyiapkan kapal sandar dan jalur antrean keluar supaya arus penumpangnya lancar.

“Interval waktu arus balik biasanya lebih ramai dan lama, bahkan hingga akhir bulan. Karena sebagian masyarakat merasa tidak diburu dengan waktu, dan mungkin karena masih kangen dengan kampung halamannya, saudara dan kerabat lain,” tambah Firman. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *