background img

Pegadaian Luncurkan Arrum Haji

4 years ago written by

Balikpapan – Pegadaian meluncurkan Arrum Haji bersamaan dengan acara Kemilau Emas Pengundian Tahap I 2016 di Atrium Plaza Balikpapan, tadi malam. Firman Alghazali, Deputi Bidang Bisnis PT. Pegadaian (Persero) Kanwil IV Balikpapan mengatakan, Arrum Haji adalah produk terbaru divisi syariah Pegadaian. Produk ini dibuat berdasarkan pemikiran atas lamanya daftar tunggu untuk menunaikan ibadah haji. Sekarang ini, daftar antrian ibadah haji minimal 5 tahun atau bahkan sampai 18 tahun. Untuk di Balikpapan sendiri, daftar tunggu menunaikan ibadah haji sudah mencapai 23 tahun. Jumlah daftar tunggu kuota calon jamaah haji ini, Pemerintah Indonesia tidak bisa berbuat apa-apa karena itu sudah menjadi ketetapan pemerintah Saudi Arabia. Maka dari itu, divisi pusat Pegadaian Jakarta meluncurkan produk ini untuk memberi peluang kepada masyarakat yang masih muda khususnya, agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan usia yang sehat.

Persyaratannya adalah masyarakat cukup membawa emas 15 gram atau setara dengan Rp 7 juta. Setelah itu, pegadaian syariah akan memberikan pinjaman sebesar Rp 25 juta untuk mendapatkan porsi haji dari Bank Persepsi (Pegadaian bekerjasama dengan BNI Syariah). Melalu BNI Syariah kemudian diteruskan kepada Kementerian Agama untuk mendapatkan porsi haji. Masyarakat hanya menunggu panggilan jadwal pemberangkatan haji. Pinjaman dapat diangsur selama 12 bulan – 36 bulan. Untuk cicilan 36 bulan, masyarakat hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp 800 ribu per bulan.

Firman menambahkan, program ini sudah mendapatkan ijin resmi dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Jakarta dan berlaku di seluruh Indonesia. Dan keuntungan dari produk ini adalah jika masyarakat yang sudah terdaftar meninggal dunia sebelum berangkat haji, maka seluruh uang yang sudah masuk ke Arrum Haji akan dikembalikan. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *